Weh, Kawasan Industri Batang Bisa Menyerap Tenaga Kerja Sebegini Banyaknya

Sabtu, 11 Juni 2022 – 23:20 WIB
Weh, Kawasan Industri Batang Bisa Menyerap Tenaga Kerja Sebegini Banyaknya - JPNN.com Jateng
Pengelola Kawasan Industri Terpadu Batang telah menyiapkan sekitar 4.300 hektare untuk pembangunan pabrik. (ANTARA/HO- Humas Kabupaten Batang)

jateng.jpnn.com, BATANG - Pemkab Batang, Jawa Tengah, memprediksi berdirinya Kawasan Industri Terpadu (KIT) di wilayahnya sebagai proyek strategis nasional akan mampu menyerap 287 ribu tenaga kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batang Suprapto mengatakan pembangunan Kawasan Industri Batang akan menjadi harapan pemerintah daerah untuk mengurangi jumlah angka pengangguran.

"Pada tahap awal Presiden Jokowi telah melakukan peletakan batu pertama pada tiga perusahaan. Tiga pabrik itu minimal akan menyerap 10 ribu sampai 15 ribu orang tenaga pada 2023 dan 2024," katanya, Sabtu (11/6).

Suprapto mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisasi calon tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan.

"Saat ini, kami terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pengelola KIT Batang. Yang jelas, kami lagi berusaha mengutamakan warga daerah sendiri karena sudah ada regulasi Perbup 42/2021 yang mengutamakan warga Kabupaten Batang terserap," katanya.

Menurut Suprapto, kesenjangan kompetensi tenaga kerja menjadi permasalahan bagi pemda karena tidak semua orang memiliki keahlian yang dibutuhkan sesuai dari perusahaan.

"Oleh karena itu, upaya kami adalah menyiapkan sarana dan prasarana balai latihan kerja yang tidak layak dan perlu dilakukan revitalisasi," katanya.

Dia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 2,4 hektare untuk dibangun balai latihan kerja yang direncanakan pada tahun ini sudah dimulai pembangunan gedung itu.

Kawasan Industri Batang bakal menyerap tenaga sebegini banyaknya. Siap-siap ya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News