7.521 Calon Haji Tiba di Tanah Suci via Embarkasi Solo, 9 Dipulangkan

Sabtu, 18 Juni 2022 – 18:30 WIB
7.521 Calon Haji Tiba di Tanah Suci via Embarkasi Solo, 9 Dipulangkan - JPNN.com Jateng
Arsip Foto. Jamaah calon haji antre memasuki pesawat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022) dini hari. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/nym)

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) menyebut 7.521 calon haji telah diberangkatkan ke tanah suci via daerah Embarkasi Solo pada gelombang pertama pemberangkatan jemaah haji 2022.

Rombongan terakhir yang diberangkatkan pada gelombang pertama yakni jemaah dalam kelompok terbang (kloter) 21 yang meliputi calon haji asal Kabupaten Gunung Kidul dan Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jemaah Kloter 21 Embarkasi Solo yang terdiri atas 360 orang diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Provinsi jawa Tengah, pada Sabtu pukul 11.30 WIB.

"Dengan diberangkatkannya calon haji kloter 21, sehingga gelombang satu sudah diberangkatkan seluruhnya dengan total 7.521 orang," kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin, Sabtu (18/6).

Di antara jemaah yang dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada gelombang satu pemberangkatan, ada dua orang yang belum bisa berangkat karena sakit, yakni satu anggota Kloter 16 asal Kota Semarang dan satu anggota Kloter 18 asal Kabupaten Sleman.

Menurut PPIH Embarkasi Solo, keduanya masih menjalani perawatan di Rumah Sakit TNI Angkatan Udara Karanganyar.
Mereka bisa diberangkatkan ke Arab Saudi bersama kelompok terbang yang lain setelah dinyatakan sembuh dan layak terbang oleh dokter.

Selain itu, ada sembilan calon haji yang dipulangkan ke daerah asal, yang terdiri atas dua orang yang sedang hamil, seorang pendamping, dan enam orang yang tidak bisa diberangkatkan karena sakit.

Sarip menjelaskan bahwa calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah tiba di Tanah Suci hingga Sabtu sebanyak 7.161 orang, yang terbagi dalam 20 kelompok terbang.

PPIH menyebut 7.521 calon haji telah diberangkatkan ke tanah suci via daerah Embarkasi Solo, sedangkan 9 lainnya dipulangkan ke daerah asal.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News