Keren, Devina Ciptakan Asisten Virtual Menonton Wayang Orang

Senin, 20 Juni 2022 – 03:10 WIB
Keren,  Devina Ciptakan Asisten Virtual Menonton Wayang Orang - JPNN.com Jateng
Devina Gunadi, wisudawan cumlaude Unika Soegijapranata. Foto: document for JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wisudawan cumlaude atau terbaik sangat didambakan oleh banyak mahasiswa saat menyelesaikan pendidikannya, baik sarjana maupun tingkat yang lebih tinggi.

Tentunya, selain menyandang IPK (indeks prestasi kumulatif) tinggi, menjadi wisudawan cumlaude juga harus berprestasi pada suatu bidang.

Empat tahun lalu, Devina Gunadi meluncurkan virtual assistant untuk memudahkan masyarakat menonton pertunjukan kesenian tradisional di Kota Semarang.

Devina adalah satu dari 196 mahasiswi Unika Soegijapranata Semarang yang berhasil menyandang wisudawan cumlaude.

Kala itu, saat masih duduk di bangku semester 4, perempuan kelahiran 1999 ini telah melakukan publikasi tingkat nasional dengan judul "Aspek Teknis Pengelolaan Asisten Virtual untuk Wayang Orang Ngesti Pandawa".

Wisudawan terbaik Unika Soegijapranata dengan IPK 3,93 itu telah merumuskan sebuah terobosan ketika belum pandemi Covid-19. Jauh sebelum perusahaan-perusahaan sekarang ini menggandrungi layanan tersebut.

Devina mengartikan virtual assistant atau juga dikenal asisten virtual itu merupakan layanan berbasis digital untuk mengetahui sebuah informasi yang dicari khalayak luas.

Lubuk hatinya tergugah menjadi semangat untuk mengkampanyekan kesenian tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia, yakni wayang orang terhadap generasi saat ini.

Ide Devina menciptakan asisten virtual jauh sebelum pandemi Covid-19. Supaya milenial mencintai kesenian wayang orang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News