Pati Dilanda Banjir Bandang, Terbesar dalam 20 Tahun Terakhir

Kamis, 14 Juli 2022 – 16:00 WIB
Pati Dilanda Banjir Bandang, Terbesar dalam 20 Tahun Terakhir - JPNN.com Jateng
Banjir menggenang di salah satu jalan di Kabupaten Pati, Kamis (14/7). Foto: Dokumentasi warga untuk JPNN

jateng.jpnn.com, PATI - Banjir bandang melanda hampir seluruh Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kamis (14/7). Ketinggian air banjir lewat itu mencapai 100-130 sentimeter.

Air bah tersebut berasal dari luapan Waduk Gembong yang disebabkan hujan dengan intensitas lebat di daerah Pegunungan Muria.

Tim Search And Rescue (SAR) Kabupaten Pati diterjunkan untuk melakukan evakuasi sebagian warga ke tempat yang lebih aman.

"Kami evakuasi ke kelurahan dan rumah warga yang tidak terkena banjir," ujar Komandan SAR Pati David Setiawan kepada awak media.

Tim SAR disebar ke sejumlah daerah terdampak di Kecamatan Pati, mulai dari Sidokerto, Kedokan, Parenggan, Kalidoro, dan Dengkek.

Selain mengevakuasi warga terdampak, pihaknya juga memberikan bantuan logistik bersama para sukarelawan yang terhimpun di Kabupaten Pati.

"Kami dari BPBD, Tagana, dan para sukarelawan mulai dari subuh sekitar pukul 03.00 WIB memberikan logistik makanan," katanya.

David berkata, banjir bandang disebabkan akibat guyuran hujan deras yang menyebabkan air Waduk Gembong meluap pada Rabu (13/7) malam.

Banjir bandang melanda hampir seluruh Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kamis (14/7).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News