Begini Prosesi Kirab Pusaka Malam Satu Suro Pura Mangkunegaran

Jumat, 29 Juli 2022 – 23:37 WIB
Begini Prosesi Kirab Pusaka Malam Satu Suro Pura Mangkunegaran - JPNN.com Jateng
Suasana kirab pusaka dalem malam satu Suro Pura Mangkunegaran, Jumat (29/7). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Miyos pusoko dalem atau kirab pusaka dalam rangka peringatan malam satu Suro EHE (tahun Jawa) 1956 Pura Mangkunegaran, Jumat (29/7) malam diselenggarakan secara lengkap.

Seluruh pakem dalam prosesi upacara tersebut dilaksanakan dengan penuh hikmat oleh kerabat, abdi dalem, tamu undangan, dan masyarakat umum.

Turut hadir beberapa pejabat diantaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabumig Raka, dan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima.

Mereka pun sempat mengikuti proses kirab.

Prosesi dimulai sekitar pukul 19.00 WIB, Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro (MN) X Bhre Cakrahutama miyos dalem atau keluar dari dalam kediamannya untuk duduk di Paringgitan yang berada di Ngarsodalem. 

MN X dijemput oleh KPH Cuk Susilo dan KRMH Hariadhi Anggoro Kadarisma.

Setelah itu, mewakili panitia  KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat pergi ke Ngarsodalem untuk memberi tahu bahwa kirab pusaka akan segera dimulai.

Sekitar pukul 19.15, 4 pusaka yang terdiri dari 3 tombak dan 1 joli dikeluarkan menuju dari kamar kiai. KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat dan KRMT Hudoko Artisto didaulat untuk menjemput pusaka-pusaka tersebut.

Pura Mangkunegaran menggelar kirab pusaka dalem malam satu suro EHE 1956 pada Jumat (29/7) malam.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News