Waspada, Pushidrosal Sebut Pesisir Jawa Tengah Sedang Terjadi Gelombang Tinggi

Rabu, 03 Agustus 2022 – 21:15 WIB
Waspada, Pushidrosal Sebut Pesisir Jawa Tengah Sedang Terjadi Gelombang Tinggi - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Laksamana Madya (Laksdya) TNI Nurhidayat di Gubernuran, Rabu (3/8). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menyebut gelombang tinggi menjadi ancaman pesisir utara Jawa Tengah.

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya (Laksdya) TNI Nurhidayat mengatakan survei telah dilakukan di sejumlah titik pantai utara mulai dari Tegal, Pekalongan hingga Batang.

"Ada di Jawa Tengah survei 50 hari melihat gelombang laut cukup keras tetapi di lautnya tidak ada gunung," kata Laksdya Nurhidayat sesuai bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Gubernuran, Rabu (3/8).

Laksdya Nurhidayat menyatakan riset tersebut akan dilanjutkan dari Kendal, Semarang, Jepara hingga ke timur Jawa Tengah.

"Di Jawa Tengah aman, ring of fire tidak ada di sini," tuturnya.

Laksamana bintang tiga itu menyampaikan bahwa Jawa Tengah sedang dikepung gelombang tinggi dan pendangkalan, khususnya pesisir utara Jawa Tengah.

"Hanya saja pendangkalan sangat tinggi. Itu memang harus diwaspadai bersama," kata Laksdya Nurhidayat.

Terlepas dari ancaman bencana, pihaknya menyampaikan kesiapan membantu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengembangkan infrastruktur kelautan.

Pushidrosal menyebut riset 50 hari terakhir menemukan kondisi gelombang tinggi di Pantura Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News