Begini Jurus Ganjar Kendalikan Inflasi di Jawa Tengah

Jumat, 19 Agustus 2022 – 01:07 WIB
Begini Jurus Ganjar Kendalikan Inflasi di Jawa Tengah - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat rapat pengendalian inflasi. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus berupaya memaksimalkan pengendalian inflasi. Satu di antaranya pengawasan menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (SiHaTi).

Ganjar menyatakan tak hanya intervensi langsung, pengawasan komprehensif dilakukan terhadap komoditas penyumbang inflasi.

"Aplikasi SiHaTi ini harapan kami kalau pertanian pangan yang itu komoditasnya bisa mempengaruhi inflasi, itu sudah kami tercatatkan di sini," kata Ganjar di kantornya, Kamis (18/8).

Ganjar mengatakan tiap kepala daerah di kabupaten/kota dapat turut serta mengawasi. Menurutnya, jajaran di daerah bisa mengecek perkembangan komoditas dari hulu ke hilir.

"Maka di hulunya dicek berapa produksi sebenarnya," ujarnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengatakan aplikasi SiHaTi telah diperbarui, bisa dan mudah diakses dari gawai dengan memiliki fitur early warning system atau sistem peringatan dini.

"Jadi ketika harga naik atau turun dalam lima hari berturut, itu akan timbul early warning system dan akan ada push notification ke seluruh anggota TPID provinsi," ujarnya.

Peringatan tersebut otomatis akan muncul dan diketahui oleh seluruh anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID provinsi.

Ganjar Pranowo mempunyai jurus jitu untuk mengendalikan inflasi di Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News