Adem Banget Pesan Ganjar Saat Hadiri Haul KH Muhammad Ushul di Magelang

Minggu, 21 Agustus 2022 – 18:26 WIB
Adem Banget Pesan Ganjar Saat Hadiri Haul KH Muhammad Ushul di Magelang - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranaowo saat mengisi pengajian haul KH Muhammad Ushul di Magelang, Minggu (21/8). Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri pengajian umum dalam rangka haul Kiai Haji (KH) Muhammad Ushul di Pondok Pesantren Ushuluddin, Bawang, Ngadirejo, Salaman, Magelang, Minggu (21/8).

Dalam pengajian tersebut, Ganjar berpesan kepada masyarakat untuk terus menjaga nilai-nilai persatuan dan gotong royong yang selama ini sudah ada.

"Keunikan di Indonesia untuk berkumpul dan bersilaturahmi itu sudah biasa dan banyak forumnya. Mulai orang lahiran, sunatan, kematian, nikahan, termasuk pengajian haul semacam ini. Dan inilah nilai-nilai persatuan yang ada di masyarakat," kata Ganjar.

Ganjar Pranowo menjelaskan dalam sejumlah tradisi, masyarakat selalu menunjukkan kebersamaannya dan saling membantu. Misalnya jika ada orang meninggal, tetangga akan ikut membantu mempersiapkan kebutuhan. Begitu juga ketika ada hajatan dan lainnya. 

"Itulah berkumpul. Ketika sering berkumpul pasti pertama ada silaturahmi. Kedua, insyaallah banyak rezeki. Ini di tempat haul saja di sepanjang jalan ini orang jualan semua, ada rezekinya," katanya.

Menurut Ganjar, dengan banyaknya tradisi berkumpul dalam masyarakat maka potensi kerukunan bisa terus dijaga.

"Ini terbukti, haul mereka datang sendiri, apa ada yang diundang? Tidak ada. Ini menunjukkan bahwa hubungan di antara mereka baik. Hal seperti inilah yang secara kultural harus kita rawat, agama apa pun," kata Ganjar.(mar4/jpnn)

Saat menghadiri pengajian haul KH Muhammad Ushul di Magelang, Ganjar Pranowo menyampaikan yang bikin hati adem.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News