Ganjar: Perubahan Dunia Tak Bisa Dihindari, Maka Jangan Anti-Teknologi

Selasa, 23 Agustus 2022 – 12:45 WIB
Ganjar: Perubahan Dunia Tak Bisa Dihindari, Maka Jangan Anti-Teknologi - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan perubahan dunia tak bisa dihindari, khususnya teknologi yang terus berkembang.

Menurut Ganjar, perubahan yang tak bisa dielakkan itu seiring dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang selama ini menggaungkan teori VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity).

"Hampir semua yang beliau ceritakan itu tantangan-tantangan dimana teori VUCA diobrolkan terus menerus dan saat ini terjadi," kata Ganjar dalam Pembukaan Indonesia Mark Plus Festival 2022 Joglo Semar Bangkit di Hotel Santika Semarang, Selasa (23/8).

Ganjar menyebut perubahan dunia harus diikuti dengan pemahaman orang terhadap teknologi tanpa meninggalkan batasan yang dikendalikan.

"Kreatif Inovatif bagi saya keping mata uang yang tidak bisa dipisahkan, kalau tidak ada ini kita habis," ujarnya.

Ganjar menyinggung pernyataan pakar marketing Hermawan Kertajaya yang mengisi acara tersebut. Baginya, yang disampaikan terkait creativity, inovation, enterpreneurship dan leadership sesuai dengan situasi VUCA.

"Mau perusahaan, pemerintah, semua pasti akan melakukan perubahan karena di tengah sesuatu yang tidak pasti itu, nilai-nilai ini menjadi sangat penting," tuturnya.

Dengan batasan yang dapat dikendalikan, maka empat sekawan tersebut akan mudah dipegang. Termasuk generasi muda sekarang ini tidak anti-teknologi.

Ganjar menyebut teknologi menjadi bagian dari perubahan dunia yang tak bisa dihindari.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News