Siap-siap, Kuota Haji 2023 di Solo Diprediksi Naik 2 Kali Lipat

Selasa, 23 Agustus 2022 – 16:58 WIB
Siap-siap, Kuota Haji 2023 di Solo Diprediksi Naik 2 Kali Lipat - JPNN.com Jateng
Para jemaah haji asal Solo saat sedang mengikuti Tasyakuran dan Mangayubagyo Kepulangan Haji Kota Surakarta tahun 2022 di Pendapi Ageng Kota Surakarta, Selasa (23/08/2022). Foto : Humas Pemkot Solo.

jateng.jpnn.com, SOLO - Penyelenggaraan ibadah haji 2022 telah selesai dilaksanakan. Total ada 270 orang jemaah dari Kota Solo yang diberangkatkan ke tanah suci pada tahun ini.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta Hidayat Maskur mengatakan kuota haji 2023 di Solo kemungkinan bertambah hingga dua kali lipat.

"Tahun depan jemaah dari Solo jauh lebih banyak, bahkan bisa dua kali lipat dari tahun ini," katanya saat memberikan sambutan Tasyakuran dan Mangayubagyo Kepulangan Haji Kota Surakarta 2022 di Pendapi Ageng, Selasa (23/08).

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menyambut baik kabar tersebut. Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan keputusan tersebut memiliki arti bahwa keadaan sudah kembali normal.

"Justru lebih baik, normal kembali karena biasanya jumlah jemaah haji dari Solo ada 400-an lebih," tuturnya.

Teguh menyampaikan, Pemerintah Arab Saudi sudah melonggarkan aturan terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji. Baginya persyaratan vaksin bukan lagi menjadi alasan karena seharusnya masyarakat sudah melakukan suntik vaksin booster.

"Di sana (Arab Saudi) sudah dibuka bebas, tidak batasi. Seharusnya orang sudah booster semua agar tahun depan kami bisa mengirimkan jemaah dua kali lipat," tuturnya.

Menerutnya, jika makin banyak warga Solo yang naik haji maka otomatis akan membuat lingkungan makin kondusif.

Kemenag memprediksi Kouta haji 2023 di Solo akan naik dua kali lipat dari jumlah tahun ini.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News