Begini Cara Pemkab Brebes Menangani Stunting

Kamis, 25 Agustus 2022 – 21:33 WIB
Begini Cara Pemkab Brebes Menangani Stunting - JPNN.com Jateng
Alun-alun Kabupaten Brebes. FOTO: brebeskab.go.id.

jateng.jpnn.com, BREBES - Kabupaten Brebes tercatat sebagai daerah dengan angka stunting tertinggi di Jawa Tengah. Penanganan dari hulu hingga hilir terus dilakukan.

Wakil Bupati Brebes Narjo menyatakan telah memiliki sebanyak 4.572 personel Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) hingga di level desa.

Selain menggandeng tiap organisasi perangkat daerah (OPD), TNI dan Polri, seluruh elemen masyarakat juga digaet demi mencegah stunting.

"Karena salah satu daerah prioritas penanganan stunting, semua sudah bergerak bersama menangani stunting," kata Narjo.

Sebagai daerah dengan kasus stunting tertinggi di Jawa Tengah, Pemkab Brebes telah rutin memberikan makanan tambahan bergizi bagi ibu hamil, dan anak sekolah.

Selain itu, Pemkab Brebes juga memberi bantuan pemugaran rumah tidak layak huni, jambanisasi, pendampingan calon pengantin, penanganan risiko pernikahan dini, hingga pemanfaatan lahan pekarangan untuk penanaman sayuran dan budidaya ikan.

"Brebes mendapat tambahan anggaran dari pemerintah pusat yang semula Rp 5 miliar menjadi Rp 14 miliar pada 2022," tuturnya.

Kucuran dana untuk penanganan stunting telah disampaikan ke tingkat kecamatan hingga desa maupun kelurahan di Kabupaten Brebes.

Pemkab Brebes terjunkan 4.572 tenaga pendamping untuk menangani stunting.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News