BMKG: Curah Hujan di Jateng Selatan Berkurang, Waspada Angin Kencang

Jumat, 26 Agustus 2022 – 13:55 WIB
BMKG: Curah Hujan di Jateng Selatan Berkurang, Waspada Angin Kencang - JPNN.com Jateng
Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stamet Tunggul Wulung Cilacap , Jateng, Teguh Wardoyo. FOTO ANTARA/Dokumentasi Pribadi

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan curah hujan di Jawa Tengah bagian selatan mulai berkurang.

Jateng selatan sebelumnya sempat diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada pekan kedua Agustus meskipun wilayah itu telah memasuki musim kemarau.

"Dari pantauan data hujan di Stamet (Stasiun Meteorologi) Tunggul Wulung sejak 19 Agustus 2022, baru terjadi hujan pada 23 Agustus dan curahnya tercatat cuma 1 milimeter," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stamet Tunggul Wulung Teguh Wardoyo di Cilacap, Jumat (26/8).

Akan tetapi, kata dia, kecepatan angin di Jateng selatan khususnya Kabupaten Cilacap dan sekitarnya terus meningkat dengan kecepatan maksimum tercatat mencapai 20 knot.

Menurut dia, kecepatan angin yang relatif kencang tersebut menyebabkan pertumbuhan awan menjadi hilang tersapu angin dalam beberapa hari terakhir.

Kendati demikian, dia mengakui beberapa indeks penyebab hujan masih mendukung adanya potensi hujan dengan intensitas sedang pada Jumat (26/8) dan Sabtu (27/8) terutama pada malam hari.

Disinggung mengenai kemungkinan wilayah Jateng selatan tidak terjadi hujan dalam satu pekan ke depan, dia belum bisa memastikannya karena perubahan cuaca sangat dinamis.

"Harapannya begitu (tidak turun hujan), tetapi kami kembali lihat update data nanti sebab perubahan cuaca sangat dinamis saat ini," katanya.(antara/jpnn)

BMKG menyebut curah hujan di Jateng selatan mulai berkurang. Namun, BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai angin kencang.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News