Ini Permintaan Bupati Temanggung kepada Pabrik Rokok

Senin, 29 Agustus 2022 – 21:22 WIB
Ini Permintaan Bupati Temanggung kepada Pabrik Rokok - JPNN.com Jateng
Bupati Temanggung M. Al Khadziq (kanan) bertemu dengan sejumlah direktur PT Gudang Garam Kediri. Foto: Bagian Prokompim Kabupaten Temanggung

jateng.jpnn.com, KEDIRI - Pabrik rokok PT Gudang Garam diminta untuk bisa membeli hasil panen tembakau dengan harga tinggi karena biaya produksi menanam dan mengolah tembakau makin tinggi.

Hal tersebut merupakan permintaan dari Bupati Temanggung M. Al Khadziq saat berkunjung ke PT Gudang Garam Kediri. Dia bertemu dengan Direktur Produksi PT Gudang Garam Andik Wahyudi, Direktur Pengolahan Slamet Budiyono, dan General Manager Penerimaan Bahan Baku Anton.

"Biaya tanam dan biaya pengolahan tembakau tahun ini naik berlipat ganda akibat cuaca yang berubah-ubah," katanya, Senin (29/8).

Dia mengatakan pada musim kemarau basah tahun ini, sering turun hujan meskipun saat kemarau dan kondisi ini cukup berat bagi petani tembakau.

Lebih lanjut Khadziq meminta agar pabrik rokok membeli tembakau Temanggung dengan harga tinggi supaya para petani bukan saja bisa menutup biaya produksi, tetapi juga mendapatkan keuntungan ekonomi.

"Produksi tembakau Temanggung tahun 2022 mengalami penurunan akibat perubahan iklim. Diperkirakan tahun ini produksi hanya sekitar 8.000 sampai 10.000 ton tembakau kering dari rata-rata tahun sebelumnya 12.000 ton," jelasnya.

Dia juga meminta agar PT Gudang Garam menghargai tembakau Temanggung sesuai dengan kualitasnya yang tinggi.

Direktur Produksi PT Gudang Garam Andik Wahyudi menyampaikan komitmen perusahaannya untuk selalu menjaga hubungan dan kepercayaan dengan petani Temanggung.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq meminta pabrik rokok membeli tembakau hasil panen petani tahun ini dengan harga tinggi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News