Alhamdulillah, 80% Kasus Suspek PMK di Pekalongan Berhasil Disembuhkan

Senin, 19 September 2022 – 18:25 WIB
Alhamdulillah, 80% Kasus Suspek PMK di Pekalongan Berhasil Disembuhkan - JPNN.com Jateng
Sejumlah sapi milik peternak di Kota Pekalongan dalam kondisi sehat setelah dilakukan vaksinasi oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, Rabu (7/9/2022). (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan Ilena Palupi mengatakan bahwa 80 persen dari 360 hewan ternak suspek penyakit mulut dan kuku (PMK) sudah dapat disembuhkan.

"Sejak Mei 2022 hingga September 2022, kami berhasil menyembuhkan 80 persen dari 360 hewan ternak suspek PMK. Sisanya, kami targetkan hingga akhir Desember 2022," katanya, Senin (19/9).

Menurut dia, target tersebut dengan mempertimbangkan peningkatan persentase kesembuhan pada beberapa hewan ternak suspek.

Keberhasilan penyembuhan tersebut, kata dia, karena ditunjang kegiatan vaksinasi hewan ternak yang sudah dilakukan sampai dosis 2 pada Agustus 2022.

"Tingkat kesembuhan pada hewan ternak cukup baik," katanya.

Ilena Palupi berharap kenaikan persentase kesembuhan hewan yang terjangkit PMK ini dapat mengurangi ketakutan berlebihan (fobia) masyarakat untuk mengonsumsi bahan pangan asal hewan ternak.

"Kami menegaskan PMK bukan penyakit zoonosis yaitu penyakit yang bisa ditularkan hewan kepada manusia," katanya.

Dia menambahkan untuk mendorong percepatan penurunan hewan ternak suspek PMK, pihaknya akan memberikan vaksin dosis 3 yang rencananya dilaksanakan pada September 2022.(antara/jpnn)

Kasus suspek PMK di Pekalongan yang berhasil disembuhkan mencapai 80%. Sisanya akhir tahun ini.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia