Dana Rp 4 Miliar Disiapkan Pemkab Boyolali, Per Warga Bisa Dapat Rp 15 Juta

Kamis, 22 September 2022 – 12:04 WIB
Dana Rp 4 Miliar Disiapkan Pemkab Boyolali, Per Warga Bisa Dapat Rp 15 Juta - JPNN.com Jateng
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Boyolali Budi Prasetyaningsih di Boyolali, Kamis (22/9/2022). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Pemkab Boyolali, Jawa Tengah, menyiapkan dana Rp 4 miliar untuk membantu warga kurang mampu melalaui Program Bantuan Tidak Terduga (BTT) 2022.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Boyolali Budi Prasetyaningsih mengatakan melalui Program BTT, pihaknya akan memberikan bantuan senilai Rp 15 juta per orang kepada warga yang mengalami musibah.

"Antara lain karena sakit, kebakaran, (juga) orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), dan lain-lain," katanya, Kamis (22/9).

Menurut dia, Dinas Sosial memberikan BTT kepada warga yang membutuhkan berdasarkan laporan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), camat, dan lurah yang dilengkapi dengan dokumen kependudukan berupa kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP).

"Kalau rumah terbakar, langsung TKSK ke lapangan. Sudah ada koordinatnya sehingga kami dapat menentukan bantuan yang diberikan. Misal, jaminan hidup, tambah kasur, dan lain sebagainya karena tidak mampu," ujarnya.

Budi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan lembaga sosial dan kemanusiaan seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Amil Zakat Nasional, organisasi perangkat daerah terkait, serta 15 rumah sakit di Boyolali dan Surakarta dalam menyalurkan bantuan bagi warga yang mengalami musibah.

Budi mencontohkan, beberapa waktu PMI Boyolali membantu perbaikan rumah warga dan Dinas Sosial membantu memberikan bantuan biaya hidup kepada warga pemilik rumah.

"Jadi dapat meringankan masyarakat kurang mampu yang terkena musibah. Jadi, tanggap sosial, pemerintah hadir," katanya.(antara/jpnn)

Pemkab Boyolali menyiapkan dana Rp 4 miliar. Warga yang kena musibah bakal dibatu Rp 15 juta.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News