Reformasi Birokrasi Kian Nyata di Jawa Tengah, Ini Buktinya

Senin, 26 September 2022 – 03:00 WIB
Reformasi Birokrasi Kian Nyata di Jawa Tengah, Ini Buktinya - JPNN.com Jateng
Peluncuran Aplikasi Tata Praja oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. ANTARA/HO-Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) meluncurkan Aplikasi Tata Praja untuk efisiensi pola kerja. Aplikasi tersebut sekaligus bagian dari reformasi birokrasi dan memungkinkan pemangku jabatan pelayanan publik bisa memantau secara langsung surat-menyurat.

"Melalui aplikasi ini, surat menyurat antarinstansi dilakukan secara digital, tidak lagi memerlukan kertas atau paperless," kata Sekda Jateng Sumarno, Minggu (25/9).

Menurut dia, penggunaan aplikasi tersebut dapat mengefisienkan pola kerja di lingkup Pemprov Jateng karena selama ini untuk administrasi pemerintahan masih menggunakan kertas.

Selain itu, lanjut dia, layanan kepada masyarakat akan lebih cepat sebab pemangku jabatan bisa memonitor secara langsung proses surat menyurat melalui gawai.

"Dengan elektronik tentu saja dokumen tak perlu dicetak, hanya saat dibutuhkan saja. Kalau selama ini, kan, sejak konsep pakai kertas, dicetak dikoreksi dulu. Yang terpenting lagi, tak terbatas ruang dan waktu, tak perlu menunggu pejabat duduk di kantor. Ini bagian mempercepat layanan masyarakat," ujarnya.

Kendati demikian, dia meminta agar seluruh pengguna Aplikasi Tata Praja memberikan masukan untuk penyempurnaan aplikasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng Riena Retnaningrum mengatakan Aplikasi Tata Praja bisa digunakan di semua instansi, bukan hanya dinas atau organisasi perangkat daerah, tetapi juga satuan pendidikan dan unit pelaksana teknis.

"Dulu, kan, kita antar surat secara fisik ke mana-mana. Sekarang cukup lewat handphone saja bisa lihat, koreksi, dan ditandatangani, termasuk disposisi. Ini digunakan di seluruh instansi termasuk SMA, SMK, SLB dan UPT dinas di bawah Pemprov Jateng," katanya.

Pemprov Jateng menunjukkan komitmennya untuk melakukan reformasi birokrasi dengan cara yang sederhana.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News