Pemerintah Ingin Ciptakan 300 Ribu Wirausahawan, Kampus Jadi Sasaran

Senin, 26 September 2022 – 04:00 WIB
Pemerintah Ingin Ciptakan 300 Ribu Wirausahawan, Kampus Jadi Sasaran - JPNN.com Jateng
Talkshow pada Kick of Road to Pahlawan Tumpuan Ekonomi Negeri di Solo, Minggu (25/9/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Kementerian Koperasi dan UKM sedang mengupayakan lahirnya 300.000 wirausahawan baru hingga akhir 2022 untuk memperkuat perekonomian dalam negeri.

Asisten Deputi Ekosistem Bisnis Kementerian Koperasi dan UKM Irwansyah Putra mengatakan untuk mencapai target tersebut pemerintah akan bersinergi dengan kampus.

"Kami akan bersinergi dengan seluruh pemerintah daerah di Indonesia dan juga perguruan-perguruan tinggi yang sarjana-sarjana barunya menjadi entrepreneur," katanya seusai Kick of Road to Pahlawan Tumpuan Ekonomi Negeri, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/9).

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah mengatakan salah satu upaya untuk mencapai target 1 juta wirausahawan adalah dengan cara memberikan pendampingan dan konsultasi.

"Kami melihat bahwa saat ini banyak sekali wirausaha di sana yang mau tumbuh mulai dari wirausaha pemula menjadi mapan, tetapi butuh konsultasi dan pendampingan," katanya.

Dia mengatakan pada pendampingan tersebut nantinya para pelaku wirausaha akan didampingi oleh para ahli.

Pihaknya mencatat pada tahun ini ada sekitar 6.000 calon wirausaha yang mendaftarkan diri untuk bisa memperoleh pendampingan dan konsultasi dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Meski demikian, kata dia, setelah melewati proses seleksi hanya terpilih sebanyak 3.100 calon wirausaha.

Pemerintah hingga akhir tahun ini menargetkan bisa menciptaan 300 ribu wirausahawan dari kampus-kampus yang ada.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News