Benda Purbakala di Tlawong Boyolali Buat Arkeolog Yogyakarta Penasaran

Jumat, 30 September 2022 – 15:49 WIB
Benda Purbakala di Tlawong Boyolali Buat Arkeolog Yogyakarta Penasaran - JPNN.com Jateng
Sekretaris Disdikbud Boyolali, Waskito Raharjo (paling kiri) bersama tim saat melakukan penelitian penemuan situs benda purbakala, di Desa Tlawong Kecamatan Sawit, Boyolali, Kamis (29/9/2022). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Pemkab Boyolali, Jawa Tengah, melakukan penelitian terhadap penemuan situs Gumuk Watu Serut yang merupakan benda purbakala di area sawah Desa Tlawong Kecamatan Sawit.

Penelitian tersebut dilakukan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bersama Arkeolog Yogyakarta.

"Kami melakukan penelitian penemuan situs tersebut untuk penyelamatan dan pelestarian benda-benda purbakala di wilayah Boyolali," kata Sekretaris Disdikbud Boyolali Waskito Raharjo, Jumat (30/9).

Selain melibatkan arkeolog asal Yogyakarta, pihaknya juga mengajak sejumlah tokoh masyarakat di Desa Tlawong, Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali.

Tim ahli sedang melakukan pengukuran lokasi situs dan kemudian nanti pada sudut yang dikasih tanda titik selanjutnya akan dilakukan penggalian diperkirakan selama dua minggu ke depan.

Sementara itu, Dwi Kurnia Sandy selaku Konsultan Arkeologi Yogyakarta mengatakan pengukuran dimulai sejak Kamis (29/9).

Kemudian, kata dia, proses itu dilanjutkan dengan penggalian guna mengetahui luasan lokasi situsnya dan sejumlah struktur yang belum ditemukan.

"Kami sudah memasang garis benang dan sejumlah titik untuk mengetahui jumlah strukturnya. Hingga saat ini, belum mengetahui luasan dan kedalamannya berapa meter dan baru dapat diketahui pada hari terakhir nanti," katanya.

Penemuan benda purbakala di Tlawong, Boyolali, Jawa Tengah, membuat sejumlah peneliti yang terlibat penasaran. Ini penampakannya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News