Selama Januari-September 2022, 234 Kasus DBD Terjadi di Batang, 5 Orang Meninggal Dunia

Selasa, 25 Oktober 2022 – 23:28 WIB
Selama Januari-September 2022, 234 Kasus DBD Terjadi di Batang, 5 Orang Meninggal Dunia - JPNN.com Jateng
Ilustrasi- Fogging DBD. Foto: Humas Terminal Tirtonadi

jateng.jpnn.com, BATANG - Selama Januari hingga September 2022 terdapat 234 orang positif demam berdarah dengue (DBD), dengan lima orang di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto mengatakan pihaknya kini akan melakukan pengasapan di wilayah endemis.

Dia juga meminta masyarakat untuk rajin melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

"Sebenarnya, kegiatan pengasapan bukanlah cara yang tepat untuk memberantas nyamuk, yang paling efektif adalah tertib melakukan PSN," katanya, Selasa (25/10).

Dia mengatakan debagian orang hanya mengandalkan kegiatan pengasapan yang dilakukan pemerintah atau puskesmas lokal.

Namun, menurutnya itu hanya bisa membasmi nyamuk dewasa serta tidak ampuh untuk membasmi telur dan jentik nyamuk di genangan air.

"Oleh karena, untuk mencegah demam berdarah dengue adalah dengan cara melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan pengasapan agar hasilnya lebih optimal," jelasnya.

Dia menyampaikan ada beberapa tahapan sebelum melakukan pengasapan di antaranya pengamatan lebih lanjut tentang jentik nyamuk sehingga terkesan lambat.

Pemkab Batang mencatat selama Januari hingga September 2022 terdapat 234 orang positif demam berdarah dengue, dengan lima orang di antaranya meninggal dunia.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News