Momen Hangat Ganjar Bersama Raja se-Nusantara

Sabtu, 10 Desember 2022 – 11:48 WIB
Momen Hangat Ganjar Bersama Raja se-Nusantara - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di tengah raja-raja se-Nusantara di Candi Borobudur. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir di tengah raja-raja se-Nusantara di pelataran Lumbini komplek Candi Borobudur, Magelang, Jumat (9/12) malam.

Dalam gelatan Festival Adat Budaya Nusantara II oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra) itu, Ganjar mengenakan surjan merah motif bunga dan blangkon hitam di kepala.

Sementara sekelilingnya juga mengenakan pakaian kebesarannya masing-masing. Sebanyak 264 kerajaan dan lembaga adat. Dari sabang sampai merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Si rambut putih itu datang disambut seluruh raja se-Nusantara. Dia duduk satu meja bersama Ketua Umum Matra, Andi Bau Malik Barammamase.

Festival Adat Budaya Nusantara tersebut dihadiri oleh kerajaan-kerajaan di tanah air dan juga sebagian negara tetangga. Seperti Malaysia, Thailand, Jepang, dan lainnya.

Acara begitu meriah. Drama kolosal melibatkan sejumlah kesenian berbagai daerah di tanah air. Ada Tari Bali, Reog hingga topeng ireng, dan lainnya. Ditambah keindahan Candi Borobudur menjadi latar panggung pertunjukan.

"Mereka (para raja) hadir mengadakan acara festival menunjukkan karya seni dan budaya. Itu juga menunjukkan kepada dunia bahwa kita negara yang punya kepribadian dan kekayaan seni budaya yang sangat luar biasa," ujarnya.

Ganjar menyebut para raja juga mendeklarasikan komitmen untuk tetap mempertahankan NKRI yang berdasar Pancasila. Dia mengajak kerajaan-kerajaan untuk turut melestarikan budaya dengan mendata dan bekerja sama dengan perguruan tinggi.

Ganjar Pranowo hadir di tengah raja-raja se-Nusantara di pelataran Lumbini komplek Candi Borobudur, Magelang, Jumat (9/12) malam.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News