Jelang Nyepi, Umat Hindu di Magelang Laksanakan Upacara Melasti

Minggu, 19 Maret 2023 – 17:54 WIB
Jelang Nyepi, Umat Hindu di Magelang Laksanakan Upacara Melasti - JPNN.com Jateng
Sejumlah umat Hindu di Magelang menuju Sumber Mata Air Tuk Mas di Dusun Dakawu, Desa Lebak, Kecamatan Grabag untuk melakukan Upacara Melasti menjelang Hari Raya Nyepi. ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Umat Hindu di Magelang, Jawa Tengah, melaksanakan Upacara Melasti menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945/tahun 2023 di Sumber Mata Air Tuk Mas Dusun Dakawu, Desa Lebak, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Ketua Panitia Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945/tahun 2023 Magelang I Gede Suarti mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi 2023.

Dalam prosesi pengambilan air tersebut, para pemuda asal Bali yang sedang menempuh pendidikan di Akademi Militer Magelang ikut menabuh gamelan Bali.

I Gede Suarti menyampaikan bahwa pengambilan air suci dilakukan di Sumber Mata Air Tuk Mas, setelah dari Tuk Mas, kemudian air dibawa ke Pura Wira Buana Magelang.

"Sesampainya di pura, disambut Upacara Medak Tirta atau menyambut air, kemudian air dalam beberapa jerigen diletakkan di padmasari, yang nantinya digunakan untuk persembahyangan," katanya, Minggu (19/3).

Setelah Melasti, kata dia, pada Selasa (21/3) pukul 13.00 WIB dilakukan pawai ogoh-ogoh, start dari Artos sampai Pura Wira Buwana Akmil.

Menurut dia, pawai ogoh-ogoh bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat seni dan budaya khususnya umat Hindu yang ada di Magelang. Selain itu, juga untuk menetralisir roh-roh jahat supaya tidak mengganggu umat manusia.

Kemudian pada pukul 17.00 WIB dilaksanakan Tawur Kesanga di halaman Pura Wira Buwana dilanjutkan persembahyangan di Mandala Utama Pura Wira Buwana.

Umat Hindu di Magelang, Jawa Tengah, melaksanakan Upacara Melasti jelang Hari Raya Nyepi 2023.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News