Dakwah Sunan Kalijaga Bisa Diterima Semua Kalangan, Ganjar Ungkap Alasannya

Minggu, 19 Maret 2023 – 17:47 WIB
Dakwah Sunan Kalijaga Bisa Diterima Semua Kalangan, Ganjar Ungkap Alasannya - JPNN.com Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat ziarah ke Makam Sunan Kalijaga, Minggu (19/3). Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, DEMAK - Raden Mas Said atau Sunan Kalijaga memang memiliki banyak keistimewaan hingga akhirnya diberi tanah perdikan atau bebas pajak oleh Joko Tingkir, penguasa Kerajaan Pajang waktu itu.

Makin istimewa lagi karena cuma Sunan Kalijaga yang jadi saksi hidup mulai berdiri hingga runtuhnya Kerajaan Demak bahkan hingga Kerajaan Jipang dan Pajang, dua kerajaan penerus dinasti Demak.

Tentu keistimewaan yang Sunan Kalijaga peroleh itu tidak datang serta merta. Berbagai proses telah dilewati, baik intelektual maupun spiritual.

Terlepas dari dua faktor itu, hal paling mendasar yang membuat Sunan Kalijaga menjadi istimewa menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo adalah niat dan tekad untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

"Kita bisa menyimak sejarah bagaimana perjalanan Sunan Kalijaga di masa kecil, di masa muda sampai akhirnya menjadi penasehat raja beberapa masa. Bahwa semua orang bisa berubah menjadi lebih baik," kata Ganjar seusai ziarah ke makam Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak, Minggu (19/3).

Ganjar lantas berkisah proses Sunan Kalijaga berguru kepada Sunan Bonang. Mulai dari pengembaraan keilmuan hingga kewaliannya.

"Itulah yang menggerakkan hati Sunan Kalijaga sekaligus yang meneguhkan beliau bahwa hidup ini adalah sebuah proses," kata Ganjar.

Karena prinsip itulah, lanjut Ganjar, Sunan Kalijaga bisa masuk ke semua kalangan. Mulai dari kalangan tertinggi di pemerintahan hingga masyarakat awam.

Gubernur Ganjar Pranowo mengungkapkan alasan kenapa dakwah Sunan Kalijaga bisa diterima semua kalangan, ternyata...
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News