Sambut Ramadan, Ratusan Anak di Boyolali Kirab Bawa Wayang Kulit

Selasa, 21 Maret 2023 – 16:43 WIB
Sambut Ramadan, Ratusan Anak di Boyolali Kirab Bawa Wayang Kulit - JPNN.com Jateng
Ratusan siswa mengikuti kirasbn budaya sambut datangnya Bulan Suci Ramadhan di Desa Tegalsari, Kecamatan Nogosari Boyolali, Selasa (21/3/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Ratusan anak mengikuti kirab dengan membawa wayang kulit mengajak masyarakat bergembira menyambut Ramadan 1444 Hijriah di Desa Tegalsari Kecamatan Nogosari Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (21/3).

Anak-anak tersebut berasal dari Sanggar Sedulur Ki Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara, MI dan BA Grinting.

Ratusan siswa dan masyarakat tersebut kirab mengelilingi desa dengan menunjukkan wayang kulit dan spanduk ajakan kepada warga agar menyambut kegembiraan datang Ramadan sehingga dalam menjalankan ibadah puasanya indah dan khusuk.

Menurut Pemimpin Sanggar SKWL Nusantara Boyolali Ki Gondo Wartoyo sebanyak 300 siswa yang ikut kirab budaya menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan dengan membawa 144 jenis wayang kulit.

Mereka bersama masyarakat kirab membawa wayang tersebut dengan tujuan agar anak-anak sebagai generasi penerus paham kalau ajaran Agama Islam di Pulau Jawa salah satunya dakwahnya melalui wayang kulit oleh Sunan Kalijaga.

"Kami berharap dengan kirab wayang kulit menyambut Ramadan, anak-anak tidak lupa budaya adi luhung yakni wayang kulit dan begitu juga tata moral budaya kita ke depan bisa aktif dan khusuk dalam menjalankan ibadah puasa," katanya.

Narujan Nurrahman, salah satu Guru MI Grinting Nogosari mengatakan siswa BA dan MI Grinting menggelar kirab menyambut datangnya Ramadan.

Dengan adanya kirab ini, kata dia, anak-anak diharapkan bisa memahami apa artinya puasa dengan persiapan ibadah selama Ramadhan.

Ratusan anak di Boyolali menyambut bulan suci Ramadan dengan kirab wayang kulit. Lihat keseruannya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News