Legislator Usulkan 4 Ulama Ini Jadi Pahlawan Nasional, Siapa Saja?

Selasa, 04 April 2023 – 03:10 WIB
Legislator Usulkan 4 Ulama Ini Jadi Pahlawan Nasional, Siapa Saja? - JPNN.com Jateng
Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Fathan Subchi. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Sebanyak empat tokoh ulama di Tanah Air kembali diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Fathan Subchi mengatakan sebelumnya dua tokoh ulama diusulkan dan menunggu keputusan Presiden.

"Keempat tokoh tersebut, yakni KHR Asnawi (Kudus), Kiai Abbas Djamil (Cirebon), Kiai Ruhiat (Tasikmalaya), dan Mahrus Aly (Lirboyo)," ujarnya di Kudus, Senin (3/4).

Sebanyak dua tokoh ulama yang sudah diajukan dan menunggu keputusan pemerintah, yakni Syaikhona Khoil (Bangkalan) dan Kiai Bishri Syamsuri.

Untuk bisa diusulkan menjadi pahlawan nasional, katanya, memang ada sejumlah persyaratan dan tahapan yang harus dipenuhi.

Dia mengatakan bahwa saat ini mulai dilakukan seminar, kemudian nantinya dilanjutkan kajian akademik serta kunjungan ke situs-situsnya.

Dengan demikian, imbuh dia, tahapan masih panjang karena harus membentuk seminar secara meluas dan melibatkan banyak pemangku kepentingan.

"Untuk mempersiapkan masing-masing tokoh yang diusulkan menjadi pahlawan nasional bisa sampai tiga hingga lima tahun, sedangkan saat ini masih di tingkat tim penilai kepahlawanan daerah. Fraksi PKB DPR RI siap memberikan dukungan dan fasilitasi sehingga akan dikawal sampai Jakarta," ujarnya.

Empat tokoh ulama ini diusulkan menjadi pahlawan nasional. Namun, legislator mengeluh syaratnya begitu banyak.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News