Kementan Sebut Ganjar Layak Dapat Penghargaan dari Jokowi, Soal Apa?

Rabu, 05 April 2023 – 21:14 WIB
Kementan Sebut Ganjar Layak Dapat Penghargaan dari Jokowi, Soal Apa? - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika panen raya. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kinerja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bidang pertanian diapresiasi Kementerian Pertanian (Kementan). Ganjar dinilai berhasil menjalankan program peningkatan kesejahteraan petani di Jawa Tengah.

Atas prestasinya tersebut, gubernur dua periode itu diusulkan untuk menerima dua tanda kehormatan, yaitu Gelar Tanda Kehormatan (GTK) Satyalencana Pembangunan dan Wira Karya.

"Kami Kementan mengusulkan ke Setmilpres (supaya, red) mengusulkan Gubernur Jawa Tengah," kata Perwakilan Kementan, Agustini Irmawati seusai melakukan verifikasi dan peninjauan lapangan terkait usulan tersebut di Semarang, Rabu (5/4).

Dalam catatan Kementan, kata Agustini, Ganjar termasuk kepala daerah yang menorehkan keberhasilan di bidang pertanian. Dia menyebut utamanya produksi beras dan hortikultura yang berada di peringkat 2 nasional.

"Jadi, dari situ sudah kelihatan ya output-nya dari Gubernur Ganjar sendiri," ujarnya Ketua Tim Verifikasi dan Peninjauan Lapangan Ditjen PSP Kementan tersebut.

Hal itu yang menjadikan Ganjar dinilai pantas menerima dua tanda kehormatan Satyalencana. Rencananya, kata dia, penghargaan itu akan diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada event Pekan Nasional Petani Nelayan Andalan (Penas), 10 Juni mendatang.

"Kami yakin bahwa Kartu Tani ini merupakan pelopor dari Bapak Gubernur Ganjar," katanya.

Agustini menyebut, sebelumnya Kementan pernah memberikan penghargaan kepada Ganjar Pranowo pada 2019 silam. Saat itu, Menteri Pertanian menobatkan program Kartu Tani yang diinisiasi Ganjar terbaik secara nasional.

Program bidang pertania di Jawa Tengah dinilai berhasil, Kementan mengusulkan agar Ganjar mendapat penghargaan dari Jokowi
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News