Ratusan Kios di Taman Suryokusumo Semarang Disegel Satpol PP, Kenapa?

Rabu, 12 April 2023 – 22:05 WIB
Ratusan Kios di Taman Suryokusumo Semarang Disegel Satpol PP, Kenapa? - JPNN.com Jateng
Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (PP) Kota Semarang menyegel kios-kios mangkrak di Sentra PKL Taman Suryokusumo, Semarang, Rabu (12/4/2023). ANTARA/Zuhdiar Laeis

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Ratusan kios Sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) di Taman Suryokusumo Semarang yang mangkrak maupun tidak membayar retribusi disegel Satuan Polisi Pamong Praja (PP).

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan total kios yang disegel ada 432 lapak.

"Yang kosong sekitar 400 lapak. Semuanya disegel," katanya, Rabu (12/4).

Sentra PKL Taman Suryokusumo dibangun sekitar 6 tahun lalu untuk menampung PKL yang berjualan di pinggir jalan kawasan Tlogosari Semarang, dan awalnya ditempati pedagang.

Namun, lambat laun banyak PKL yang kembali berjualan di jalanan di kawasan perumahan itu karena beralasan sepi sehingga banyak lapak di Sentra PKL Taman Suryokusumo yang kosong dan mangkrak.

"Yang pedagang sini tetap saya prioritaskan. Yang kosong akan serahkan ke PKL Barito Mandiri. Kemarin kami komunikasikan, mereka di sini, dan setuju. Di Barito Mandiri ada 500 pedagang, di sini 432 lapak. Mereka siap untuk masuk," ujarnya.

Dia mengakui bahwa selama ini Dinas Perdagangan memang kurang tegas dalam mengatur PKL sehingga sampai bertahun-tahun Sentra PKL Taman Suryokusumo, sementara di sisi lain juga ditarget retribusi.

"Untuk pedagang yang menunggak retribusi, lapaknya tetap disegel sampai mereka melunasi tunggakan, sebab sudah 6 tahunan PKL yang menempati lokasi tersebut tidak membayar retribusi," jelasnya.

Ratusan kios Sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) di Taman Suryokusumo Semarang yang mangkrak maupun tidak membayar retribusi disegel Satuan Polisi Pamong Praja (PP)
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News