Harga Telur di Banyumas Meroket, Tetap Peternak Merugi, Kok Bisa?

Rabu, 17 Mei 2023 – 19:19 WIB
Harga Telur di Banyumas Meroket, Tetap Peternak Merugi, Kok Bisa? - JPNN.com Jateng
Harga telur di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (17/5/2023), mencapai Rp32.000/kg. ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Harga telur ayam ras di Banyumas, Jawa Tengah, saat ini telah mencapai kisaran Rp 32.000-Rp 33.000 per kilogram.

Kepala Disnakkan Kabupaten Banyumas Sulistiono mengatakan pihaknya terus memantau kenaikan harga tersebut.

"Dalam beberapa waktu terakhir memang terjadi kenaikan harga telur ayam ras di pasaran. Tidak hanya di Banyumas, tetapi secara nasional," katanya, Rabu (17/5).

Dia mengakui kenaikan harga telur ayam ras di pasaran sudah melampaui harga psikologis yang ditetapkan pemerintah di kisaran Rp 29.000-Rp 30.000/kg.

Menurut dia, kenaikan harga telur tersebut dipicu oleh lonjakan harga pakan seperti jagung, konsentrat, dan sebagainya.

"Kemarin harga telur ayam ras sempat jatuh, tetapi sekarang BEP-nya (Break Even Point) sudah di atas Rp 21.000/kg karena harga pakannya naik sehingga harga jual telurnya ikut naik," ujarnya.

Disinggung upaya antisipasi untuk menekan gejolak kenaikan harga telur ayam ras, dia mengatakan hal itu merupakan kewenangan pemerintah pusat khususnya Kementerian Pertanian karena kenaikan harga pakan yang memicu kenaikan harga telur ayam ras bersifat nasional.

Menurut dia, beberapa upaya yang mungkin bisa dilakukan oleh pemerintah di antaranya memberikan subsidi terhadap pakan, melakukan impor jagung, dan sebagainya.

Harga telur ras di Banyumas, Jateng, meroket tinggi, tetap peternak malah merugi. Apa penyebabnya?
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News