Jalankan Tridharma PT, UNS Solo Gandeng KPU RI

Kamis, 08 Juni 2023 – 14:08 WIB
Jalankan Tridharma PT, UNS Solo Gandeng KPU RI - JPNN.com Jateng
Penandatanganan nota kesepahaman antara UNS dengan KPU terkait Tridharma Perguruan Tinggi di Solo, Selasa (6/6/2023). ANTARA/HO-Humas UNS

jateng.jpnn.com, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyepakati pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

"Kerja sama ini juga untuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Kamis (8/6).

Dia mengatakan tujuan disepakatinya nota kesepahaman tersebut untuk menyinergikan dan mengoptimalkan potensi dan sumber daya kedua belah pihak.

Menurut dia, ruang lingkup kesepakatan ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan MBKM, pengembangan sumber daya manusia, serta bidang lain yang disepakati bersama.

"Nota kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu lima tahun serta akan ditindaklanjuti melalui perjanjian kerja sama antara UNS dan KPU RI," katanya.

Dia mengatakan penandatanganan nota kesepahaman yang sudah dilakukan pada Selasa (6/6) mengupayakan implementasi salah satu MBKM, yakni program magang mahasiswa di KPU RI.

Menurut dia, UNS memiliki cukup banyak sumber daya untuk memberikan kontribusi, pengembangan, dan pemikiran bagi KPU RI.

"MoU antara UNS dan KPU merupakan upaya untuk terus mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat," katanya.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya turut berperan aktif dalam program MBKM.

Pihaknya juga mempersilakan UNS untuk mengadakan kerja praktik ataupun magang di berbagai unit kerja KPU.

"Kampus dapat menugaskan dosen maupun mahasiswa di manapun daerah asalnya bisa ditugaskan di sana. Dengan begitu, Tridharma Perguruan Tinggi bisa dilakukan sesuai dengan keperluan," katanya.(antara/jpnn)

UNS Solo, Jawa Tengah, melibatkan KPU RI untuk menyepakati pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News