Cerita Suminah Asal Rembang, Pergi Haji di Usia 103 Tahun, Tetap Sehat & Bugar

Selasa, 20 Juni 2023 – 13:49 WIB
Cerita Suminah Asal Rembang, Pergi Haji di Usia 103 Tahun, Tetap Sehat & Bugar - JPNN.com Jateng
Suminah binti Sadani (103), (duduk kiri), warga Desa Pengkol, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, tergabung Kloter 90 Embarkasi Solo menjalani cek kesehatan di Asrama Hji Donohudan Boyolali, Selasa (20/6/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Salah seorang calon haji (calhaj) Kloter 90, Suminah binti Sadani, warga Desa Pengkol, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, merupakan calhaj tertua di Embarkasi Solo.

Calhaj berusia 103 tahun itu, saat turun dari kabin bus tidak mau dibantu Satgas PPIH. Dia yakin mampu melangkah turun dari bus yang ditumpangi dari Rembang.

Suminah mengaku mendaftarkan ibadah haji pada 2015 dan seharusnya berangkat pada 2020. Namun, karena pandemi Covid-19, dia batal berangkat. Dia baru bisa berangkat pada tahun ini bersama Kloter 90 asal Rembang dan Kudus.

Suminah, pada usianya 103 tahun, berangkat haji tanpa ada pendampingan dari keluarga. Meski demikian, dia sangat percaya diri, yakin akan mampu menjalani rukun kelima Islam itu. Keberanian turun dari kabin bus tanpa bantuan orang lain menunjukkan betapa besar rasa percaya dirinya.

Perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai petani dan peternak sapi tersebut bersyukur dan lega bisa berangkat haji pada tahun ini. Dengan usia lebih dari seabad, dia meyakini bisa menjalani seluruh rangkaian ibadah haji.

Ibu tiga anak, tujuh cucu, dan enam cicit tersebut, sebagai petani dan peternak, sudah terbiasa menjalani pekerjaan fisik yang mengandalkan kekuatan otot kaki, tangan, dan badannya.

Oleh karena itu, ia mampu melangkah sendiri tanpa pendamping, termasuk menunaikan ibadah haji yang juga menuntut kesehatan fisik dan psikis itu.

Suminah berkisah bisa melampaui usia seabad lebih itu, antara lain, berkat kebiasaan menyantap banyak sayuran dengan lauk tempe dan tahu.

Suminah asal Rembang, merupakan jemaah calon haji tertua di Embarkasi Solo. Hebatnya, tubuhnya tetap sehat dan bugar saat menjalani tes kesehatan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News