Bukan Pesona Alam, Ternyata Ini Alasan Utama Turis Asing ke Indonesia

Rabu, 21 Juni 2023 – 22:45 WIB
Bukan Pesona Alam, Ternyata Ini Alasan Utama Turis Asing ke Indonesia - JPNN.com Jateng
Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dwi Marhen Yono memukul gong dalam pembukaan diskusi sinergi pentahelix pariwisata melalui Umbul Jumprit di Temanggung. ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dwi Marhen Yono mengungkapkan bahwa daya tarik budaya lokal menjadi alasan utama turis asing datang ke Indonesia.

"Alasan orang berwisata ke Indonesia bukan karena pesona alam lagi, nomer satu karena ingin menikmati budaya lokal," katanya seusai diskusi sinergi pentahelix pariwisata melalui Umbul Jumprit di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (21/6).

Oleh karena itu, dia menyarankan Pemkab Temanggung menggali budaya lokal untuk menarik para wisatawan.

"Usul saya ada Temanggung culture everyday, tiap hari orang ke Temanggung ada kesenian yang bisa disaksikan," katanya.

Dia menuturkan kemudian orang datang ke Indonesia bukan lagi karena alam karena ingin menikmati kuliner khas, maka silakan digali kuliner-kuliner khas yang kira-kira di tempat lain tidak ada.

"Selanjutnya, perbanyak kegiatan karena kegiatan itu adalah magnet orang datang untuk berwisata," katanya.

Dia mencontohkan satu cabang olah raga membuat kegiatan junior sehingga orang datang. Bagaimana setiap desa, perusahaan, dinas, komunitas membuat satu kegiatan sehingga orang dari daerah lain atau negara lain datang ke kegiatan tersebut.

"Saya yakin kalau semua bergerak, lima unsur pentahelix bergerak itu akan dahsyat dampaknya untuk pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Kemenparekraf mengungkapkan bahwa alasan utama turis asing datang ke indonesia bukan lagi karena faktor pesona alam. Lalu apa?
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News