Bantuan Terus Mengalir, Gibran: Tidak Ada Lagi RTLH di Solo pada 2025

Jumat, 23 Juni 2023 – 15:13 WIB
Bantuan Terus Mengalir, Gibran: Tidak Ada Lagi RTLH di Solo pada 2025 - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meninjau revitalisasi rumah tidak layak huni di Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (23/6/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Pemkot Surakarta

jateng.jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menargetkan pada 2025 tidak ada lagi rumah tidak layak huni (RTLH) di daerah.

"Penanganan RTLH dapat selesai pada 2025. Meski demikian, jika donatur bertambah banyak ada kemungkinan nol RTLH dapat tercapai pada 2024," katanya saat meninjau pembangunan RTLH di Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat.

Pemkot Surakarta memaksimalkan kegiatan rehabilitasi RTLH milik warga setempat, baik melalui anggaran bantuan dari pemerintah setempat, Pemerintah Pusat, BUMN maupun swasta.

"Dari 1.400 unit RTLH, ini sudah berkurang terus," kata Gibran.

Menurutnya, keberadaan RTLH di Solo cukup merata. Meski demikian, paling banyak jumlahnya ada di Kecamatan Pasarkliwon.

"Di daerah Semanggi, Mojo masih banyak, sisanya menyebar. (fasilitas) MCK (mandi, cuci, kakus) ya masih banyak," katanya.

Wali Kota mengatakan saat ini banyak pihak yang mau membantu pembangunan RTLH di Solo. Untuk pendanaan bisa berasal dari pemerintah pusat, Pemkot Surakarta, BUMN, dan swasta.

"Swasta juga banyak, proposal, kan, nggak pernah berhenti," katanya.

Gibran menjelaskan dalam waktu dekat akan dibangun sebanyak 137 unit RTLH, melanjutkan Bandar Semanggi yang sebelumnya sudah selesai dibangun.

"Sebanyak 137 unit ini kalau bisa tahun ini semua. Masih kurang banyak, makanya tak cicil," katanya.

Sementara itu, terkait dengan peninjauan revitalisasi rumah tidak layak huni di Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjarsari merupakan bantuan dari perusahaan swasta Sha, dia menjelaskan total perusahaan merevitalisasi sebanyak 87 unit, sedangkan hingga saat ini sudah dikerjakan sebanyak 23 unit.(antara/jpnn)

Gibran Rakabuming Raka menargetkan pada 2025 tidak ada lagi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Solo. Menurutnya, bantuan terus mengalir dari banyak pihak.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News