Bawaslu Batang Temukan 12.795 Pelanggaran Pemilu 2024, Tetapi Tak Masuk Ranah Hukum

Senin, 26 Juni 2023 – 17:40 WIB
Bawaslu Batang Temukan 12.795 Pelanggaran Pemilu 2024, Tetapi Tak Masuk Ranah Hukum - JPNN.com Jateng
Ketua Bawaslu Kabupaten Batang Mabhrur (tengah) didampingi Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Batang Khikmatun pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penepatan Hasil Perbaikan Pemilih Sementara di Batang, Jawa Tengah. ANTARA/Kutnadi

jateng.jpnn.com, BATANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menemukan 12.795 pelanggaran Pemilu 2024 selama tahapan penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih.

"Kendati demikian, sebanyak 12.795 pelanggaran pemilu tersebut sudah dapat diselesaikan di tingkat pengawasan desa," kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Batang Khikmatun, Senin (26/6).

Menurut dia, sejumlah pelanggaran tersebut sudah selesai dan tidak sampai berlanjut hingga ranah hukum.

Dari jumlah pelanggaran pemilu itu, kata dia, didominasi masalah adanya data salah tempat pemungutan suara (TPS) atau satu kartu keluarga (KK) yang berbeda TPS sebanyak 7.919 data.

Ditemukan pula 278 data pemilih ganda, 3.823 pemilih tidak memenuhi syarat, 111 pemilih yang memenuhi syarat, 201 perbaikan data pemilih, 428 data perpindahan domisili, serta 35 hasil pengawasan saat pencocokan dan penelitian (coklit).

Dari hasil pengawasan itu, pihaknya sudah menyarankan pada KPU Batang untuk melakukan perbaikan sebagai upaya untuk mendukung penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Pencegahan tersebut, kata dia, melalui publikasi, naskah dinas, formulir pencegahan, identifikasi kerawanan, pendidikan, partisipasi masyarakat, kerja sama antarlembaga, dan kegiatan lainnya.

"Daftar pemilih tetap mungkin saja tidak akan mutakhir pada hari pemungutan suara karena adanya dinamika kependudukan. Namun, fakta itu tak lantas boleh mendegradasi spirit untuk menyajikan data pemilih yang berkualitas," katanya.(antara/jpnn)

Bawaslu Batang menemukan 12.795 pelanggaran Pemilu 2024 pada tahapan penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News