2.800 Disabilitas Terdaftar DPT Batang, KPU Jamin Hak Pilihnya

Kamis, 18 Januari 2024 – 13:48 WIB
2.800 Disabilitas Terdaftar DPT Batang, KPU Jamin Hak Pilihnya - JPNN.com Jateng
Ketua Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Kabupaten Kasmujiono minta ada sosialisasi cara pencoblosan disabilitas tuna netra pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena mereka terkendala tidak adanya braile untuk menentukan pilihan, Rabu (17/1/2024). (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, BATANG - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mencatat 2.800 disabilitas terdaftar sebagai di daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Batang Susanto Waluyo mengatakan pihaknya akan melakukan sejumlah hal, mulai dari akses khusus pemilih disabilitas di tempat pemungutan suara, antrean yang ramah, hingga desain surat suara yang memudahkan mereka saat menggunakan hak pilih.

"Ya, kami pastikan disabilitas tersebut akan kami berikan layanan maksimal pada saat hari pemungutan suara," katanya, Kamis (18/1).

Menurut dia, 2.800 disabilitas tersebut terdiri atas 1.142 gangguan fisik, 212 intelektual, 579 mental, 366 sensorik wicara, sensorik rungu 136 orang, dan netra 365 orang.

Demikian pula bagi disabilitas yang kesulitan memilih, kata dia, akan diizinkan untuk ditemani pendamping ke bilik suara, tetapi harus bisa menjaga rahasia pilihannya.

"Pendamping yang akan mendampingi disabilitas disyaratkan harus mengisi formulir. Disabilitas boleh memilih siapa yang akan mendampingi, tetapi harus merahasiakan pilihan," katanya.

Dia mengatakan pihaknya menjamin seluruh tempat pemungutan suara telah menerapkan faktor kemudahan aksesibilitas agar memudahkan disabilitas dalam menyalurkan hak pilih.

"Kami pastikan semua tempat pemungutan suara ramah disabilitas dan juga sudah dilengkapi aksesibilitas yang mendukung," katanya.

Ribuan disabilitas terdaftar di DPT Batang untuk Pemilu 2024. KPU setempat jamin hak pilihnya dengan kemudahan aksesibilitas.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News