Pemilu 2024, Kaum Muda Katolik di Semarang Harus Milih, Jangan Golput

Senin, 03 Juli 2023 – 13:22 WIB
Pemilu 2024, Kaum Muda Katolik di Semarang Harus Milih, Jangan Golput - JPNN.com Jateng
Keuskupan Agung Semarang (KAS) Youth Day di Sport Hall Soegijapranata Catholic University (SCU) Semarang. FOTO: Wisnu Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Soegijapranata Catholic University (SCU) menjadi titik kumpul ratusan muda-mudi Katolik yang terhimpun dalam Keuskupan Agung Semarang (KAS), Minggu (2/7).

Sampai Selasa (4/7), dalam KAS Youth Day kali ini mereka akan dibekali materi maupun praktik menyoal kepemimpinan dan kebangsaan.

Salah satu yang ditekankan kepada kaum muda Katolik adalah gerakan no golput memilih dalam Pemilu 2024. Penekanan ini disampaikan langsung oleh Andreas Pandiangan, Anggota Tim Satgas Pemilu KAS di hadapan 450 siswa-siswi SMA di Sport Hall SCU Semarang.

Andreas menyinggung perumusan Mgr. Albertus Soegijapranata yakni, 100 persen Katolik, 100 persen Indonesia. Menurutnya, menjelang pesta demokrasi tahun depan, terdapat satu hal yang tak bisa dilepaskan dari hiruk-pikuk kehidupan yaitu, tentang kebangsaan.

"Kalau bicara tentang 100 persen Indonesia, itu bicara tentang dasar negara ini," ujarnya.

Mau tidak mau, kata dia, harus disegarkan kembali tentang Pancasila adalah konsensus luhur yang diterapkan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dari situ, Andreas berpandangan perlunya keterlibatan umat Katolik, khususnya anak muda dalam kegiatan kebangsaan termasuk dalam soal pemilihan umum.

"Apalagi mereka mungkin sebagian besar adalah pemilih mula (pemula, red) tahun depan," katanya.

Kaum muda Katolik di Kota Semarang, Jawa Tengah harus ikut partisipasinya dalam Pemilu 2024. Jangan golput!
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News