Seusai Revitalisasi Keraton Surakarta, Pemkot Akan Ikut Kelola

Kamis, 06 Juli 2023 – 20:11 WIB
Seusai Revitalisasi Keraton Surakarta, Pemkot Akan Ikut Kelola - JPNN.com Jateng
Desain alun-alun Keraton Surakarta. Pemkot Surakarta akan segera merevitalisasi Keraton Solo, dalam waktu dekat. ANTARA/HO-Gibran Rakabuming Raka.

jateng.jpnn.com, SOLO - Pemerintah Kota Surakarta akan ikut mengelola Keraton Surakarta setelah revitalisasi yang menggunakan dana hibah dari Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) dan APBN itu, selesai.

"Kami kemarin sudah minta izin ke Sinuwun, pengelolaan harus dengan pemkot, kebersihan dikolaborasikan dengan DLH (Dinas Lingkungan Hidup), pedagang harus diatur oleh Disdag (Dinas Perdagangan)," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Kamis (6/7).

Dia mengatakan sebelumnya tidak ada komunikasi sama sekali terkait pengelolaan keraton antara pihak Keraton Kasunanan dengan Pemkot Surakarta.

"Makanya carut marut, (nantinya) keamanan ada Satpol PP. Intinya dikolaborasikan dengan Pemkot Surakarta," katanya.

Terkait dengan desain revitalisasi Keraton Surakarta, lanjut dia, sesuai dengan hasil kajian yang sudah dilakukan oleh pihak keraton.

"Ada sentuhan kekinian, tetapi tidak mengubah bentuk asli," katanya.

Termasuk alun-alun keraton, kata dia, ke depan tidak ada pagar, tetapi hanya akan diberikan pembatas.

"Semua tanpa pagar," katanya.

Gibran mengatakan nantinya di alun-alun utara ada pasir pantai, meski di alun-alun utara tidak.

"Alkid (alun-alun selatan) daya tarik di UMKM, kandang kerbau juga ditata, wingi wis apik gambare (kemarin sudah bagus gambarnya. Biar terawat semua," katanya.(antara/jpnn)

Pemkot Surakarta akan ikut mengelola Keraton Surakarta seusai revitalisasi selesai. Tidak adanya komunikasi membuat pengelolaan keraton carut-marut.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News