Ratusan Produk UMKM di Solo Jajaki Pasar Prancis

Jumat, 07 Juli 2023 – 13:30 WIB
Ratusan Produk UMKM di Solo Jajaki Pasar Prancis - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melepas produk UMKM untuk ekspor ke Perancis di Halaman Balai Kota Surakarta, Jumat (7/7/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Ratusan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Solo, Jawa Tengah dikirim ke Prancis pada Jumat (7/7).

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang melepas ratusan produk UMKM itu mengatakan langkah ini sebagai bagian dari penjajakan pasar ke negara di kawasan Eropa.

"Intinya kami memberangkatkan berbagai macam produk UMKM dari Solo Raya, ke depan kami tambah terus volumenya," kata Gibran di sela pelepasan produk UMKM di Balai Kota Surakarta.

Dia menjelaskan penjajakan pasar dibantu oleh agregator. Dengan demikian, diharapkan kualitas produk dapat meningkat dan jumlah negara tujuan ekspor dapat bertambah.

"Tambah negara, tambah tempat, tambah produk. Kami inisiasi dari yang kecil-kecil dulu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Surakarta Nugroho Joko Prastowo mengatakan beberapa produk UMKM unggulan di Solo Raya tengah menjajaki pasar Prancis.

"Untuk mencapai tahapan ini sebenarnya tidak mudah dan ini merupakan suatu program yang berkelanjutan, jadi pada tahun lalu Mas Wali (Wali Kota Surakarta) sudah ke Paris untuk Java in Paris, di situ ada Solo in Paris," katanya.

Dia berharap UMKM Solo Raya makin meningkat. "Pada pengiriman kali ini ada sebanyak 830 item produk dari 28 UMKM, salah satunya produk dekorasi rumah," ungkapnya.

Ke depan, kata dia, pihaknya berupaya membuka pasar ekspor di negara-negara lain, selain Prancis.

Pada kesempatan yang sama, agregator asal Prancis Mathieu Mergans mengatakan rencananya kontainer pembawa produk UMKM dari Solo Raya tersebut akan tiba di Perancis pada 18 Agustus 2023.

"Awalnya kami kurasi 120 pelaku UMKM, tetap sesuai selera. Membaca pasar di sana, jadi tergantung target negaranya juga," katanya.

Terkait hal itu, dia berharap pemerintah dengan pihak terkait untuk terus melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM.

"Harapannya binaan tetap ada, ditindaklanjuti. Kalau mau naik kelas ya memperbaiki produk dan memperbaiki marketing," katanya. (antara/jpnn)

Gibran Rakabuming Raka melepas ratusan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke Prancis sebagai bagian dari penjajakan pasar ke negara di kawasan Eropa t

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News