Viaduk Gilingan Solo Bisa Dilewati 9 Juli 2023, Gibran Mau Lebih Cepat

Kamis, 06 Juli 2023 – 13:36 WIB
Viaduk Gilingan Solo Bisa Dilewati 9 Juli 2023, Gibran Mau Lebih Cepat - JPNN.com Jateng
Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jateng Muttaqin Said usai bersilaturahmi dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kamis (6/7/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Kementerian Perhubungan RI hampir menyelesaikan penataan Viaduk Gilingan Solo, Jawa Tengah.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jateng Hardianto Eko Prasetyo mengatakan dengan hampir selesainya penataan tersebut maka Viaduk Gilingan bisa dilewati pada 9 Juli 2023.

"Terkait Viaduk Gilingan secara fungsional akan dibuka pada 8-9 Juli," katanya seusai bertemu dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Surakarta, Kamis (6/7).

Dengan demikian, kata dia, secara fungsional pembukaan Viaduk Gilingan akan dibuka pada 9 Juli. Meski demikian, untuk kendaraan yang bisa melewati baru kendaraan roda dua dan roda empat.

"Kalau bus belum karena itu juga masih dipasang portal pengaman untuk ketinggian. Semalam saya cek di lapangan posisi sebelah barat viaduk sudah diaspal, hari ini ada perkerasan di bawah jembatan," katanya.

Menurutnya, meski Viaduk Gilingan dibuka pada 9 Juli bukan berarti Simpang Joglo yang juga tengah direnovasi akan ditutup, mengingat dua titik penataan merupakan jalur utama kendaraan dari arah barat menuju timur dan utara.

"Tidak secara langsung, masih perlu koordinasi dengan instansi terkait, ada Dishub, Satlantas, PUPR, jadi enggak langsung Viaduk Gilingan dibuka terus Simpang Joglo ditutup," katanya.

Wali Kota Surakarta Gibran masih berharap Viaduk Gilingan dapat dibuka sehari lebih cepat dibandingkan dengan target Balai Teknik Perkeretaapian.

"Hari ini sudah mulai pengerasan, kalau bisa pada 8 Juli. Kalau bisa semua lancar, dikebut semua," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jateng Muttaqin Said juga berkenalan dengan Gibran.

Muttaqin menggantikan Putu Sumarjaya yang belum lama terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).(antara/jpnn)

Kemenhub hampir menyelesaikan penataan Viaduk Gilingan Solo sehingga bisa dilewati pada 9 Juli 2023. Kendati demikian, Gibran mau lebih cepat.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News