Kisah Ganjar Pranowo Sikat Pungli di Dunia Pendidikan

Rabu, 12 Juli 2023 – 20:08 WIB
Kisah Ganjar Pranowo Sikat Pungli di Dunia Pendidikan - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Ricardo/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kaget saat mendengar pengakuan polos seorang siswa yang mengaku masih terdapat pungutan liar (pungli) berkedok infak di sebuah SMK Negeri di Rembang.

Pengakuan ini disampaikan saat Ganjar memberikan motivasi pada acara seminar di Pendopo Kabupaten Rembang, Senin (10/7/2023).

"Nah, ini masih ketahuan. Saya senang sekali karena ada siswa yang mau mengaku," kata Ganjar.

"Bayar enggak sekolahnya, dua sekolah mengatakan tidak, hanya beli seragam. It's ok, beli seragam. Yang satu, enggak bayar tetapi membayar gedung,” tambah Ganjar lagi.

"Masak membayar sih? Infak pak," respons Ganjar mendapati pengakuan siswa tersebut.

Sontak, pengakuan ini membuat Ganjar yang berkomitmen memberantas semua jenis pungli, menjadi geram. Bahkan tak perlu menunggu lama, Ganjar langsung menelepon kepala sekolah dan meminta dinas terkait melakukan assesment. Terlebih, saat ini SMK Negeri berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi.

Tak perlu menunggu lama, Kepala Sekolah SMK N 1 Sale Rembang itu langsung dibebastugaskan dari jabatannya. Kepala sekolah mengaku meminta infak kepada para siswa dengan dalih untuk pembangunan musala.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah Uswatun Hasanah menyampaikan berdasarkan keterangan seorang siswa SMKN 1 Sale, di sekolah tersebut ada penarikan uang gedung Rp 300 ribu per siswa saat kenaikan kelas dalam bentuk infak.

Berikut deretan tindakan tegas Ganjar Pranowo dalam merespons laporan masyarakat terkait pungli di sekolah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News