Operasi Patuh Candi 2023, Polres Batang Catat 3.298 Pelanggar

Kamis, 27 Juli 2023 – 21:45 WIB
Operasi Patuh Candi 2023, Polres Batang Catat 3.298 Pelanggar - JPNN.com Jateng
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Agus Pardiyono Marinus. ANTARA/Kutnadi

jateng.jpnn.com, BATANG - Selama Operasi Patuh Candi 2023 (10-23 Juli 2023), Polres Batang mencatat 3.298 pengendara yang terekam kamera pemantau atau closed circuit television (CCTV) dan manual, serta teguran.

"Selama operasi itu, kami telah memberikan 2.128 surat bukti pelanggaran, 47 perkara yang terekam CCTV statis, dan mencatat 715 perkara berupa teguran pada pelanggar lalu lintas," kata Kasatlantas Polres Batang AKP Agus Pardiyono Marinus, Kamis (27/7).

Dia mengatakan berdasar data tersebut, bisa dikatakan kepatuhan masyarakat berlalu lintas di jalan raya masih sangat rendah, karena terbukti masih banyak pengendara yang melakukan pelanggaran.

Disebutkan pula bahwa sebagian besar jumlah pelanggaran lalu lintas didominasi oleh pengendara yang berusia remaja dengan mengendarai sepeda motor berknalpot tidak standar atau brong.

"Rata-rata jenis pelanggaran yang dilakukan pengendara adalah tidak memakai helm, melawan arah, dan menerobos lampu merah. Ini artinya masyarakat belum patuh terhadap peraturan berlalu lintas di jalan raya," katanya.

AKP Agus Pardiyono Marinus mengatakan bahwa pihaknya memiliki 6 kamera ETLE secara mobile dan satu kamera yang dipasang pada lampu pengatur lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman Batang.

Guna meminimalisasi pelanggaran lalu lintas di jalan raya, pihaknya telah melakukan kegiatan "polisi mengajar di sekolah", memberikan pembinaan pada sopir truk, dan kelompok masyarakat terhadap pentingnya berlalu lintas di jalan raya.

"Kami berharap edukasi dan sosialisasi dapat memberikan sikap patuh masyarakat maupun pengemudi truk, dan ojek daring berdisiplin berlalu lintas di jalan raya untuk menekan angka kasus kecelakaan," katanya. (antara/jpnn)

Polres Batang mencatat 3.298 pengendara yang terekam kamera pemantau dan manual, serta teguran selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News