Apindo Berkomitmen Membawa UMKM Naik Kelas Melalui Program Ini

Jumat, 04 Agustus 2023 – 22:58 WIB
Apindo Berkomitmen Membawa UMKM Naik Kelas Melalui Program Ini - JPNN.com Jateng
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) masa bakti 2023-2028. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan pihaknya berkomitmen membawa UMKM naik level.

Strategi yang digunakan Apindo, kata dia, yakni dengan diluncurkannya program UMKM Merdeka.

“UMKM Merdeka sebagai sebuah kolaborasi pentahelix, di mana ekosistem pertumbuhan dan ketangguhan pelaku usaha kecil dan menengah diperkuat oleh pengetahuan, sumber daya manusia dan kebijakan publik yang baik,” katanya melalui rilis yang diterima JPNN.com, Jumat (4/8).

Bentuk nyata dari kolaborasi strategis ini, lanjut dia, akan diwujudkan melalui berbagai program pendampingan dan pelatihan, mentorship, akses permodalan, perluasan kerja sama di ranah riset dan inovasi.

“Serta ada publikasi terkait UMKM secara luas di masyarakat,” jelasnya.

Shinta menyebutkan UMKM adalah salah satu dari pilar perekonomian Indonesia, yang tidak saja menyumbangkan 61,9% dari total PDB, tetapi juga menyerap 96,9% dari tenaga kerja nasional pada 2022.

“Apindo memproyeksikan bahwa Indonesia perlu menciptakan 2 juta lapangan kerja baru per tahun yang bukan hanya melalui industri saja, tetapi juga UMKM,” katanya.

Dia mengatakan program UMKM Merdeka hadir untuk mengembangkan sistem kolaboratif yang diharapkan dapat mengakselerasi UMKM untuk naik kelas. Program ini akan mempersiapkan mahasiswa untuk  meraih capaian pembelajaran dan praktik kewirausahaan secara lebih maksimal.

Melalui program ini, Apindo berkomitmen membawa UMKM naik kelas dan bisa bersain di kancah global.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News