Makin Panas, Besaran Dana yang Diterima Dema UIN Solo dari Sponsor Pinjol Terungkap

Selasa, 08 Agustus 2023 – 20:59 WIB
Makin Panas, Besaran Dana yang Diterima Dema UIN Solo dari Sponsor Pinjol Terungkap - JPNN.com Jateng
Pimpinan UIN Raden Mas Said Surakarta memberikan keterangan kepada wartawan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (8/8/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Polemik sponsor dari perusahaan pinjaman online (pinjol) di acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023 UIN Raden Mas Said Surakarta terus bergulir.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Solo Syamsul Bakri mengungkapkan pihaknya sudah menerima data MoU (nota kesepahaman) antara mahasiswa dengan pihak sponsorship.

"Baru tadi dari dosen yang kebetulan pembina Dema (Dewan mahasiswa) memperoleh," katanya, Selasa (8/8).

Menurutnya, adanya nota kesepahaman antara perusahaan yang sanggup untuk menjadi sponsor acara dengan mahasiswa tidak sesuai aturan.

"Mahasiswa tidak berhak melakukan MoU, apalagi ada nominal, padahal PBAK ditanggung oleh universitas. Cari sponsorship enggak bisa seperti itu," katanya.

Dia mengatakan dari nota kesepahaman tersebut diketahui nominal dana sponsorship yang akan diterima oleh pihak penyelenggara sebesar Rp 160 juta.

"Bagaimana bisa dapat sebesar itu. Itu baru satu dari tiga perusahaan," katanya.

Menurut dia, ada ratusan mahasiswa yang sudah teregister pada perusahaan pinjol tersebut.

"Dari FIT saja yang sudah teregister 300-an. Kalau pengakuan kemarin ada 500-an, itu bisa lebih. Data masih simpang siur, kami belum dapat data pasti. Kalau ada lima fakultas ya berarti empat fakultas lagi. Jadi bisa ribuan (yang sudah teregister)," katanya.

Dengan kejadian tersebut, dia memastikan Dema sudah melampaui wewenang yang diberikan dan dianggap menyembunyikan sesuatu dari pihak universitas.

"MoU tidak diomongkan dengan kami, pimpinan, jadi sembunyi-sembunyi. Kami dapat (isi MoU) bukan dari Dema, kami punya cara," katanya.

Terkait kejadian tersebut, dikatakannya, Dewan Kode Etik akan menentukan langkah selanjutnya.

"Ini, kan, baru rapat pertama. Dewan Kode Etik menjatuhkan sanksi, tetapi sanksinya seperti apa dan bagaimana, belum," katanya.(antara/jpnn)

Polemik masuknya sponsor pinjol di acara PBAK UIN Solo terus memanas. Besaran dana sponsor yang didapat Dema UIN Solo akhirnya terungkap.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia