Bukan China, Inilah Negara Paling Banyak Investasi di Jawa Tengah

Kamis, 17 Agustus 2023 – 06:00 WIB
Bukan China, Inilah Negara Paling Banyak Investasi di Jawa Tengah - JPNN.com Jateng
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra (kanan), didampingi Deputi Kepala Perwakilan BI Jateng Ndari Surjaningsih, saat menyampaikan pernyataan kepada media, di Kantor BI Jateng,Semarang, Rabu (16/8/2023). (ANTARA/HO-BI Jateng)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah menyebut sejumlah negara yang paling banyak menanam modalnya di provinsi itu.

Deputi Kepala Perwakilan BI Jateng Ndari Surjaningsih mengatakan bahwa investasi asing terbanyak di provinsi tersebut berasal dari Korea Selatan (Korsel).

"Nilai investasi di Jawa Tengah dari Korsel pada semester pertama 2023 mencapai sekitar 98,4 ribu dollar AS," ujarnya, Rabu (16/8).

Menurut dia, investasi yang ditanamkan Korsel di Jateng di antaranya merupakan investasi baru, dan sebagian lainnya merupakan relokasi dari provinsi lain, seperti Jawa Barat.

"Korea Selatan ini investasi paling banyak ada di industri alas kaki. Kemarin, kan, ada pabrik sepatu dari Jawa Barat pindah ke daerah Jepara dan Brebes," katanya.

Dia meyebut bahwa industri alas kaki selama ini memang sebagai sektor dengan penyerapan tenaga kerja yang besar.
"Korsel juga berinvestasi di industri baterai listrik dan keramik," kata dia.

Dalam berinvestasi di Jateng, para pengusaha asal Negeri Ginseng ternyata tidak hanya berkonsentrasi investasi di kawasan industri, tetapi juga di luar kawasan industri.

"Artinya, Jateng masih dipandang sebagai wilayah yang menjanjikan bagi investor untuk berinvestasi, baik untuk penanaman modal dalam negeri (PMDM) maupun penanaman modal asing (PMA)," tuturnya.

Negara paling banyak investasi di Jawa Tengah ternyata bukan dari China. Inilah negara yang gelontorkan banyak modalnya di Jateng.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News