Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Punya 4 PR, Segera Selesaikan!

Senin, 21 Agustus 2023 – 08:58 WIB
Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Punya 4 PR, Segera Selesaikan! - JPNN.com Jateng
Ketua DPRD Jawa Tengah Sumanto (ANTARA/HO-Istimewa)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah yang akan menggantikan Ganjar Pranowo memiliki sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang harus menjadi prioritas kerja.

Keempat PR tersebut, yakni infrastruktur, pendidikan, kemiskinan dan stunting atau tengkes.

"Infrastruktur penting untuk didahulukan karena berkaitan dengan anggaran juga. Kalau anggaran tercukupi kami bangun semuanya, ini harus diprioritaskan," kata Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Sumanto, Minggu (21/8).
kata Sumanto di Semarang, Minggu.

Selain infrastruktur, dia juga menyoroti permasalahan pendidikan. Persoalan pendidikan yang kerap menjadi keluhan masyarakat adalah penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) karena masih ada kecamatan yang tidak ada SMA maupun SMK Negeri maupun swasta di wilayah tersebut.

Sumanto mengungkapkan, hingga saat ini masih ada 17 titik kosong (blank spot) terkait ketersediaan SMA/SMK Negeri maupun swasta di seluruh Jawa Tengah.

"DPRD Jateng mendorong pembangunan SMA maupun SMK pada titik-titik blank spot ini untuk mengakomodir siswa lulusan SMP di daerah tersebut," ujar dia.

Dia mengatakan upaya mendirikan SMA maupun SMK Negeri pada titik blank spot bukanlah perkara mudah. Menurutnya, pihak terkait perlu mempersiapkan sarana dan prasarana maupun SDM seperti guru yang mengajar.

Sumanto menambahkan, tugas atau pekerjaan rumah lain yang perlu diselesaikan Pj Gubernur Jateng adalah masalah kemiskinan dan stunting.

Tugas berat menanti Pj Gubernur Jateng yang akan terpilih menggantikan Ganjar Pranowo. Ada persoalan serius di Jateng soal kemiskinan hingga kesehatan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News