Usung Tema Adaptif & Inovatif, SCU Sambut 1.500 Mahasiswa Baru

Senin, 28 Agustus 2023 – 19:35 WIB
Usung Tema Adaptif & Inovatif, SCU Sambut 1.500 Mahasiswa Baru - JPNN.com Jateng
Mahasiswa baru SCU mengikuti PTMB 2023. FOTO: Humas SCU.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Soegijapranata Catholic University (SCU) Semarang mulai menyambut mahasiswa baru. Pekan ini, akan dilakukan sejumlah rangkaian untuk memperkenalkan dunia kampus.

Tahun ini, perguruan tinggi Khatolik itu menerima sebanyak 1.500 mahasiswa baru. Terdapat kuota di tiap prodi yang meningkat signifikan. Di antaranya Prodi Psikologi, Kedokteran, dan Komunikasi.

Rektor SCU Ferdinandus Hindiarto mengatakan peningkatan jumlah mahasiswa pada prodi-prodi itu merupakan perkembangan tren yang diminati.

"Kami usung tema Adaptif dan Inovatif. Maka kuncinya adalah kemampuan beradaptasi, teman-teman ini kami ajak untuk berinovasi dengan melakukan alternatif-alternatif memecahkan sebuah masalah," kata Ferdi, sapaan akrabnya dalam konferensi pers Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) di Gedung Thomas Aquinas SCU, Senin (28/8).

Pada orientasi ini, Ferdi memperkenalkan gagasan konsepnya yaitu, Soegijapranata Learning Model (SLM). SLM adalah metode pembelajaran yang menyenangkan, dimana dosen dan mahasiswa berpartisipasi aktif dalam proses perkuliahan.

"Kami ingin mengungkapkan kura personalis, semua dosen kepedulian personal kepada mahasiswa, prinsip dasar dari filsafat pendidikan memanusiakan manusia," ujarnya.

Kepala Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) yang sekaligus Ketua PTM Siswanto mengtatakan selama berlangsungnya orientasi, pihaknya melibatkan mahasiswa secara langsung sebagai panitia. Dosen dan tenaga kependidikan hanya bersifat mendampingi.

"Kami ingin mencetak lulusan yang betul-betul mampu terjun di masyarakat sebagai pemimpin. Bahkan sebagai wakil ketuanya langsung dari mahasiswa," ujar Siswanto.

Soegijapranata Catholic University (SCU) Semarang mulai menyambut mahasiswa baru. Pekan ini, akan dilakukan sejumlah rangkaian untuk memperkenalkan dunia kampus
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News