Jokowi Sebut SMK N Jateng Rintisan Ganjar Akan Diterapkan Nasional

Rabu, 30 Agustus 2023 – 13:30 WIB
 Jokowi Sebut SMK N Jateng Rintisan Ganjar Akan Diterapkan Nasional - JPNN.com Jateng
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di SMKN Jateng, Semarang. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera memerintahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Anwar Makarim untuk meninjau dan evaluasi SMK N Jawa Tengah.

"Nanti akan saya perintah Mendikbud datang ke sini untuk dievaluasi lagi agar bisa diperluas ke provinsi yang lain untuk warga yang tidak mampu," kata Jokowi saat berkunjung di SMKN Jawa Tengah kampus Semarang, Selasa (30/8)

Sekolah boarding gratis yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu dinilai bagus diterapkan secara nasional. "Ya nanti biar Mendikbud ke sini. Kalau saya, bisa. Setelah Mendikbud ke sini nanti baru bisa kita putuskan. Ini saya melihat bagus," ujarnya.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa program sekolah gratis semacam SMKN Jawa Tengah dapat diterapkan di tingkat nasional.

Presiden RI dua periode itu kagum saat diajak berkeliling bertemu para siswa dan melihat langsung sarana dan prasarana di sekolah yang berada di Jalan Brotojoyo No 1, Kota Semarang.

Jokowi hadir bersama Ibu Negara Iriana Jokowi didampingi Ganjar beserta istri Siti Atikoh.

"Ini saya kira sebuah inisiatif yang sangat bagus dari Pak Gubernur Jateng. Dulunya ini BLK (Balai Latihan Kerja) dan digeser menjadi SMK dan khusus untuk keluarga-keluarga kurang mampu," ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Dia menjelaskan, sekolah berbasis boarding itu gratis alias tidak dipungut biaya. Bahkan para siswa mendapatkan seragam, sepatu, asrama dan makan.

Presiden Jokowi meninginkan SMK N Jateng yang dirintis Ganjar bisa diterapkan secara nasional.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News