Operasi Zebra Candi 2023, Polda Jateng Tekankan Penindakan Humanisme

Senin, 04 September 2023 – 09:32 WIB
Operasi Zebra Candi 2023, Polda Jateng Tekankan Penindakan Humanisme - JPNN.com Jateng
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho saat mengecek kendaraan pasukan Operasi Zebra Candi 2023. FOTO: Wisnu Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Polda Jawa Tengah resmi menggelar Operasi Zebra Candi 2023. Operasi penindakan hukum dan edukasi keselamatan pengendara lalu lintas ini dimulai hari ini Senin (4/9) sampai Minggu (17/9).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho mengatakan, lalu lintas adalah urat nadi kehidupan.

Menurutnya, hampir semua masyarakat beraktivitas menggunakan lalu lintas, berkendara di jalan dan produktivitas.

Setidaknya terdapat lima tujuan, di antaranya, menurunkan angka pelanggaran, menurunkan peristiwa kecelakaan, dan meningkatkan ketertiban masyarakat berlalu lintas demi keselamatan.

"Menciptakan kepercayaan publik kepada Polri dengan melakukan tindakan preemtif, preventif, dan humanis," ujarnya dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi di Mapolda Jawa Tengah, Senin (4/9).

Kombes Agus menyebut, dalam penegakan hukum diprioritaskan lewat Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). "Jadi sudah ada transformasi ke ETLE. Namun demikian tilang manual masih dilakukan untuk pelanggan tertentu," ujarnya.

Sasaran operasi tahun ini meliputi potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata. "Ini yang ada di sepanjang jalan raya di Jawa Tengah," katanya.

Selain tujuan dan sasaran, pihaknya menargetkan sembilan hal dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas.

Polda Jawa Tengah akan menekankan penindakan humanisme selama Operasi Zebra Candi 2023.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News