Kebakaran TPA Putri Cempo Solo, Pj Gubernur Jateng Kerahkan Water Bombing BNPB

Senin, 18 September 2023 – 14:52 WIB
Kebakaran TPA Putri Cempo Solo, Pj Gubernur Jateng Kerahkan Water Bombing BNPB - JPNN.com Jateng
Kebakaran di TPA Putri Cempo Solo. FOTO: Romensy Augustino/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyatakan water bombing akan digunakan untuk pemadaman kebakaran di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Kota Surakarta.

Nana mengatakan pemadaman dengan cara menurunkan air secara langsung dari helikopter atau pesawat itu merupakan bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Penanganan (api) belum benar-benar padam. Kami putuskan minta bantuan water bombing dari BNPB. Insyaallah hari atau besok akan turun water bombing dari BNPB itu," katanya, seusai rapat paripurna di Gedung DPRD Jawa Tengah, Senin (18/9).

Nana mengatakan sudah berkoordinasi langsung dengan Kepala BNPB tepat saat mengecek ke lokasi bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Minggu (17/9).

"Kemarin kami mengecek terjadinya kebakaran di TPA Putri Cempo Solo. Lahan TPA seluas 17 hektar yang terbakar 2 hektar," ujarnya.

Dari pengecekan tersebut, Nana menyebut kebakaran di tempat pembuangan sampah itu telah dilokalisir. Setidaknya 59 mobil pemadam kebakaran dari Solo Raya dan Semarang dikerahkan.

"Dan kami minta bantuan juga ke DIY dan water canon dari Polri. Petugas itu ada sekitar 350 personel termasuk TNI-POLRI," katanya.

Walau begitu, dia menuturkan penanganan kebakaran TPA Putri Cempo hingga saat ini masih terus dilakukan. Pasalnya, masih terdapat titik api dan kepulan asap dari tumpukan sampah.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyatakan water bombing akan digunakan untuk pemadaman kebakaran di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Kota Surakarta.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News