ABN 2023 Pertama Kali Digelar di Solo, Berharap Industri Batik Makin Naik Kelas

Kamis, 05 Oktober 2023 – 23:23 WIB
ABN 2023 Pertama Kali Digelar di Solo, Berharap Industri Batik Makin Naik Kelas - JPNN.com Jateng
Rangkaian kegiatan Adikarya Batik Nusantara (ABN) yang dipusatkan di Solo diwarnai dengan pameran UMKM, peragaan busana, dan berbagai penghargaan bagi pelestari batik. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Rangkaian kegiatan Adikarya Batik Nusantara (ABN) yang dipusatkan di Solo diwarnai dengan pameran UMKM, peragaan busana, dan berbagai penghargaan bagi pelestari batik.

Kegiatan ini menjadi momentum kebangkitan batik nusantara agar makin mendunia.

Ketua Panitia ABN 2023 Tuty Adib yang juga menjabat sebagai Ketua PPUMI (Pembwrdayaan Perempuan UMKM Indonesia) Jawa Tengah mengungkapkan Adikarya Batik Nusantara diselenggarakan PPUMI Jateng bersama Ibu Tuti Kholid sebagai penggagas dan Bapak Eka Nugraha sebagai pelaksana merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan warisan budaya Indonesia.

Rangkaian kegiatan ABN kali pertama ini dilakukan jauh-jauh hari dengan digelarnya lomba mode batik yang ikuti oleh 367 peserta dari seluruh Indonesia dalam rangka pengembangan batik yang mengacu pada motif klasik.

"Batik merupakan hal penting bagi indentitas budaya bangsa dan agar teknik tradisional dikembangkan oleh generasi mendatang," kata dia dalam pembukaan ABN di Solo Square Mall, Kamis (5/10).

Pada 1 Oktober lalu rangkaian kegiatan ABN 2023 dimulai dengan kegiatan spot batik di Solo car free day. Kemudian 4-8 Oktober digelar pameran UMKM, talk show, fashion show yang diikuti desainer dari berbagai daerah di Indonesia.

Malam puncak ABN 2023 dihelat di Pracimatuin Pura Mangkunegaran pada 6 Oktober malam. Pada momen ini, karya indah dari 12 desainer nasional yang berkolaborasi dengan pengerajin batik dari berbagai daerah akan ditampilkan.

"Pada malam puncak kegiatan itu juga akan diberikan pemghargaan pada para seniman batik yang telah berjaya dalam melestarikan batik sampai sekarang," terang dia.

Adikarya Batik Nusantara (ABN) yang dipusatkan di Solo diwarnai dengan pameran UMKM, peragaan busana, dan berbagai penghargaan bagi pelestari batik.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News