Mengenal Shiroshima Indonesia, Batik Tulis yang Terinspirasi dari Kepribadian Ratu Shima

Kamis, 14 September 2023 – 04:15 WIB
Mengenal Shiroshima Indonesia, Batik Tulis yang Terinspirasi dari Kepribadian Ratu Shima - JPNN.com Jateng
Dian Nutri Justisia (42) memperlihatkan karya batik Shiroshima Indonesia dipamerkan di Wiki Export di Jepang. Foto: SETC Sampoerna.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sejak Agustus 2019, Dian Nutri Justisia (42) mulai serius menggeluti dunia batik dengan meluncurkan produk dengan nama Shirosima Indonesia.

Dian mengatakan Shiroshima Indonesia menghadirkan produk pakaian dan aksesori dengan motif batik yang berbeda dengan produk lainnya dan mencoba memberikan warna baru pada karya batik di Indonesia.

Nama Shiroshima, kata Dian, diambil untuk menggambarkan filosofis yang diusung melalui motif-motifnya, yaitu agrikultur alias pertanian. Shiro, dalam bahasa Jawa kuno, artinya “kamu”. Sementara itu, Shima diambil dari nama Ratu Shima yang berasal dari Kerajaan Kalingga.

Dian ingin menghadirkan kepribadian Ratu Shima yang dikenal sebagai ratu yang cerdas, bijaksana, dan pekerja keras melalui produk-produknya. Era Ratu Shima dikenal dengan agrikulturnya, demikian pula Indonesia hingga saat ini.

“Kami mengangkat agrikultur di Ratu Shima, dan sampai sekarang, Indonesia terkenal di agrikultur. Batik Shiroshima banyak motif tumbuh-tumbuhan, dan kami hanya menggunakan beberapa warna saja yang menggambarkan kesuburan,” ujar Dian, Rabu (13/9).

Soal dunia batik, bagi Dian sudah tak asing. Pasalnya, ibu dan neneknya adalah pembatik di Yogyakarta. Namun, Dian mengaku bahwa awalnya dia tak tertarik mengenakan batik. Seiring berjalannya waktu, dia pun sadar bahwa batik tidak melulu soal kesan kuno, tua, dan jadul.

Maka, Dian tegerak untuk menciptakan batik modern dengan desain minimalis dan menyasar anak-anak muda.

Menurut dia, ada peluang untuk memperkenalkan batik yang disukai generasi muda, dan menghadirkan motif yang berbeda dari yang pernah ada. Dian berpendapat, batik bukan soal motif, tetapi juga teknis pembuatannya.

Dian Justisia mengenalkan Shiroshima Indonesia sebagai produk batik tulis untuk anak muda yang terinspirasi dari kepribadian Ratu Shima
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News