Aliansi Masyarakat Solo Menggelar Aksi 'Topo Bisu' di Depan Kantor Gibran

Senin, 16 Oktober 2023 – 16:30 WIB
Aliansi Masyarakat Solo Menggelar Aksi 'Topo Bisu' di Depan Kantor Gibran - JPNN.com Jateng
Sejumlah orang menggelear aksi 'topo bisu' (tapa bicara) di depan rumah dinas Wali Kota Surakarta, Lodji Gandrung pada Senin (16/10). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Sejumlah orang menggelear aksi 'topo bisu' (tapa bicara) di depan rumah dinas Wali Kota Surakarta, Lodji Gandrung pada Senin (16/10). Aksi dimulai sekira pukul 09.30 WIB.

Ratusan warga dari Aliansi Masyarakat Solo, memulai aksi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Aksi kemudian dilanjutkan dengan pembentangan spanduk seperti 'Komonitas Pegiat Budaya Topo Bisu', 'Ojo Dumeh'. Tak ada orasi atau komunikasi yang dilakukan oleh massa.

Sekira pukul 10.00 WIB, massa kemudian membubarkan diri, dan kembali ke kawasan Sriwedari. Di saat bersamaan, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mendatangi massa.

Gibran yang tiba di Lodji Gandrung, menyusul massa ke Sriwedari. Di sana, dia berbincang dengan sejumlah massa, seperti Fitri (49) warga Tipes, Kecamatan Serengan. Gibran menanyai tujuan Fitri dan teman-temannya melakukan aksi tersebut.

"Tujuannya apa, saya tidak tahu, saya cuma rakyat kecil, dan cuma minta yang terbaik saja," kata Fitri kepada awak media, Senin (16/10).

Dia mengaku diajak oleh teman-temannya untuk mengikuti aksi ini. Meski tak tahu apa maksud dan tujuan aksi tersebut, dia tetap ikut.

"Tadi lagi masak, terus diajak ke sini (Lodji Gandrung). Jam 09.00 WIB. Saya mau saja, karena saya sudah tua, seneng kalau diajak kumpul-kumpul begini," ucapnya.

Gibran juga berbincang dengan salah seorang pria. Dia juga menanyai apa tujuan dari aksi tersebut. Bahkan, Gibran juga mengajak massa ke Lodji Gandrung untuk menyampaikam aspirasinya.

Sejumlah orang menggelear aksi 'topo bisu' (tapa bicara) di depan rumah dinas Wali Kota Surakarta, Lodji Gandrung pada Senin (16/10).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News